Camat Mandau Riki Rihardi bersama warga penerima BSPS Air Jamban

DURI (Riaulantang)- Setelah menyerahkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk 26 Kepala Kekuarga di desa Bathin Betuah, Rabu (15/08/18) lalu, Camat Mandau, Riki Rihardi S.STP, MSi, Senin (20/08/18) kembali menyerahkan bantuan program nasional itu. Bantuan sebesar Rp 600 juta kali ini diserahkan untuk 40 KK di Kelurahan Air Jamban yang merupakan kelurahan dengan jumlah penduduk terbanyak di Kecamatan Mandau.

Penyerahan bantuan dilakukan Camat Mandau Riki Rihardi kepada Lurah Air Jamban, Hj Aida yang dihadiri Kasi PMD Lisa Ardianti dan fasilitator Kabupaten Bengkalis, program BSPS , Rudi. Juga hadir 40 penerima bantuan yang nantinya akan mendapat kucuran dana Rp 15 juta untuk rehab rumah masing-masing.

Kepada penerima bantuan, Riki menyampaikan harapan agar bantuan stimulan itu bisa di manfaatkan sebaik-baiknya hingga sasaran untuk perbaikan rumah warga tepat sasaran.

“Air Jamban merupakan satu dari 3 kelurahan/desa yang beruntung mendapat bantuan dari pemerintah pusat ini. Selain Air Jamban sebelumnya juga sudah diserahkan bantuan untuk kelurahan Pematang Pudu dan desa Bathin Betuah. Hanya saja karena ini kelurahan dengan jumlah penduduk terbanyak, penerima bantuannya pun lebih banyak dibanding 2 desa dan kelurahan lain,. Untuk itu mari manfaatkan bantuan ini sebaik baiknya agar sasarannya bisa tercapai ” harap Riki.

Dijelaskannya dengan bantuan sebesar Rp 15 juta ini, penerima sudah bisa berbelanja material bangunan di toko yang sudah ditentukan. Penerima bisa membeli atap, semen, pasir dan lainnya untuk perbaikan rumah hingga nanti kondisinya menjadi lebih baik.

“Gunakan bantuan ini untuk memperbaiki atap yang bocor, dinding yang bolong atau pun lantai yang belum di semen hingga rumah menjadi lebih layak huni,” harapnya.

Riki juga menyampaikan bahwa bantuan ini merupakan komitmen dari pemerintah dalam memperhatikan kesejahteraan masyarakatnya. Untuk itu pemerintah telah menunjuk seorang fasilitator dan pendamping hingga warga bisa bertanya jika ada kendala di lapangan.

“Jangan segan bertanya ke fasilitator atau pendamping jika nanti ada kendala di lapangan. Bantuan ini perbaikan rumah bapak ibu. Jangan nanti disalahgunakan untuk kebutuhan konsumtif,” ingat Riki lagi.

Sementara itu Lurah Air Jamban, Hj Aida mengucapkan terimakasih kepada Camat Mandau yang langsung turun menyerahkan bantuan dan memberikan wejangan untuk warganya.(susi)