BAGANSIAPIAPI (Riaulantang)-Bupati Rohil H Suyatno mengikuti upacara peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bhakti Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko Rohil,Jumat (10/11/2017). Prosesi upacara berlangsung khidmat.

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Rohil H Nasrudin Hasan. Prosesi upacara dihadiri,Forkompinda Ketua PN Rohil Aswir SH,Kapolres Rohil AKBP Sigit Adywuryanto SiK, Dandim 0321 Rohil Letkol Inf B. Sukisworo,Perwakilan Kajari Rohil (Kasi Datun) Andreas Tarigan SH, Sekda Drs H Surya Arfan, para pejabat hingga, OKP serta sejumlah veteran perang. Mereka mengikuti secara khidmat.

Setelah upacara beberapa menit berlangsung, prosesi dilanjutkan dengan simbolis peletakan rangkai bunga bertuliskan ‘Peringatan Hari Pahlawan’ di depan tugu TMP Kusuma Bhakti.

Kemudian para pejabat yang hadir melanjutkan ritual dengan melakukan tabur bunga di beberapa makam pahlawan kemerdekaan Indonesia tersebut. 

Tabur bunga dilakukan secara bergantian. Pertama, tabur bunga dilakukan oleh Bupati Rohil H Suyatno, dilanjutkan Ketua DPRD Nasrudin Hasan,Ketua PN Rohil Aswir SH,Kapolres Rohil AKBP Sigit Adiwuryanto SIK,Dandim 0321 Rohil Letlol inf B Sukisworo, dan Sekda Drs H Surya Arfan.

Setelah itu baru secara bersamaan anggota polisi, TNI dan ormas menabur bunga ke seluruh makam pahlawan yang ada.

Suyatno disela acara mengatakan prosesi upacara hingga tabur bunga ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan terhadap para pahlwan yang telah berkorban untuk kemerdekaan bangsa Indonesia.
Ia berharap momentum Hari Pahlawan ini bisa dimaknai oleh para pemuda dan masyarakat Rohil sebagai sebuah semangat untuk memajukan bangsa dan daerah Rohil yang kita cintai. Sebab, sambung, masa depan tanah air ini ada di tangan para pemuda. “Para pemuda harus mewarisi semangat berkorban mereka, keberanian mereka untuk memajukan bangsa,” ungkapnya.

Selain itu orang nomor satu di Rohil ini menuturkan Hari Pahlawan ini harus dijadikan inspirasi terhadap masyarakat rohil agar selalu menjaga kekompakan,kebersamaa. Serta generasi muda untuk meneruskan masa depan bangsa. Selain itu, menumbuhkan rasa hormat kepada pahlawan 

“Generasi muda harus membangun komitmen meneruskan bangsa ini dengan baik. Hal ini sebagai bentuk kehormatan kepada pahlawan. Mari jaga sama sama bersatu,jalin kekompakan dan ciptakan kebersamaan dalam membangun negeri ini,”pungkas Suyatno (Arm)