Jalan menuju Pesantren Al Bahjah yang tengah dibase di TMMD ke 102 di Muara Basung Pinggir

DURI (Riaulantang)- Berkah lain TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 tahun 2018 wilayah Kodim 0303 Bengkalis yang dipusatkan di desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir juga dirasakan warga Dusun III Sialang Rimbun. Mereka yang selama ini harus melewati jalan tanah yang berkubang dan berlumpur ketika hujan, kini merasakan manfaat program TMMD yang berada di kampungnya.

Sejumlah prajurit yang tinggal dan bermalam di rumah mereka bahu membahu membangun jalan menuju Pesantren Al Bahjah di kampungnya.
Ya jalan kampung yang selama ini belum tersentuh pembangunan itu, kini berubah dratis. Tak ada lagi kubangan dan lumpur yang harus dilewati untuk sampai ke pesantren itu. Kini badan jalan sepanjang 525 meter dengan ukuran 6 m x 20 cm sudah dibuka untuk mencapai pesantren Al Bahjah.
Kondisinya jauh lebih baik karena jalan sudah diratakan dan di timbun dengan batu kerekel

Tidak hanya sekedar membuka badan jalan yang cukup lebar itu, para prajurit dari Kodim 0303 Bengkalis juga membuatkan 1 unit box culver yang menjadi penghubung badan jalan satu dengan lainnya. Box culver yang cukup lebar, ukuran 7 m x 1 m x 1,2 M itu kini pengerjaannya sudah hampir rampung. Warga pun tak perlu khawatir lagi jika melewati jalan ini.

“Kita amat berterimakasih atas kemanunggalan TNI dengan masyarakat di sini. TNI tinggal dan tidur di rumah warga dan bahu membahu membangun infrastruktur disini. Hasilnya sama-sama kita lihat. Akses jalan leblih terbuka dan mudah-mudahan geliat ekonomi juga akan timbul,” ujar tokoh masyakat, Mahmudin yang ikut menurunkan tiga unit truk untuk membantu pengangkatan material ke jalan pesantren Al Bahjan yang di base itu.

Hal sama disampaikan Dandim 0303 Bengkalis, Letkol (Inf) Timmy Prasetya Harmianto yang mengapresiasi peran serta warga dalam TMMD ini. Menurutnya peran serta masyarakat yang membantu satgas TMMD menunjukkan kemanunggalan TNI-rakyat tetap terpelihara dengan baik.

“Kita berharap berbaurnya prajurit membangun desa ini bisa mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat. Tidak hanya itu rakyat dan TNI bisa bersatu sehingga terjalin keakraban dan kebersamaan yang menjadi modal mensukseskan pembangunan di desa,’ tegas Dandim. (susi)