Camat Mandau Riki Rihardi (tengah) dan dr Fidel bersama relawan BSMI

DURI (Riaulantang)- Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Bengkalis, Senin pagi (13/08/18) memberangkatkan relawannya ke daerah bencana gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pemberangkatan relawan kali ini dihadiri dan dilepas langsung oleh Camat Mandau, Riki Rihardi.

Kepada relawan yang berangkat, Camat mendoakan pergi dan pulang dengan selamat serta sukses menjalankan misi kemanusiaan itu.

“Kami apresiasi dan berbangga hati, BSMI yang ada di Duri memberangkatkan relawannya ke daerah bencana lombok. Mudah-mudahan tugas mulia ini mendapat ridho dari Allah SWT,” ujar Riki dalam sambutannya.

Riki juga menyampaikan pemerintah Kecamatan Mandau mendukung aksi kemanusiaan seperti ini. Untuk itu pihaknya berharap BSMI terus menjalin komunikasi agar bisa sama-sama berbuat membantu meringankan sesama yang tertimpa musibah bencana.

“Mudah-mudah apa yang dilakukan BSMI bisa mengugah rasa kemanusiaan warga lain untuk sama-sama berbuat membantu meringankan beban saudara kita,” ungkap Riki lagi.

Sementara itu, penasehat BSMI, dr H Fidel Fuadi Datuk Majo Basa juga menyampaikan apresiasi kepada Camat Mandau yang respon dengan kegiatan BSMI. Fidel mengaku hanya menghubungi Camat via seluler dan ternyata Camat langsung hadir melepas relawan BSMI itu.

“Luar biasa, kegiatan BSMI kali ini bisa dihadiri Camat. Jarang-jarang Camat hadir di kegiatan BSMI. Mudah-mudahan ini awal yanh baik bagi kita,” ujarnya.

Dijelaskan Fidel, ada 4 relawan yang diberangkatkan besok, Selasa (14/08/18) ke Lombok. Relawan ini nantinya akan bergabung dengan relawan lain yang sudah membuka rumah sakit lapangan di daerah bencana itu, juga klinik klinik di sejumlah daerah yang tertimpa bencana.

“Kondisi dilapangan, dokter kewalahan hingga kita turunkan tim medis ke sana. Kita juga bawa bantuan obat-obatan dan sumbangan masyarakat yang sudah terkumpul hingga Rp 135 juta hingga hari ini,” ujar Fidel.

Disisi lain Dr Yelfi mewakili Ketua BSMI menyampaikan relawan yang diberangkatkan diantaranya dr Freade Akbar, perawat Maspalyoni skm, Ners. Widi Anggara skep, dan Tengku Zulkifli (relawan umum). Sementara dr Teddy Ardan Spa sudah berada di Lombok sejak tiga hari lalu.

“Kita terus menggalang dana kemanusiaan untuk saudara-saudara kita dilombok. Alhamdulillah hari ini juga kita terima bantuan langsung dari Camat Mandau,” ujar dr Yelfi sembari menyebut masyarakat yang ingin berpartisipasi bisa menyalurkan bantuan ke No-rek BSMI, BSM 7013276956 atau Bank Mandiri 1720000748477.(susi)