BENGKALIS (Riaulantang) – Sebanyak 75 pelajar dari berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat se-Kabupaten Bengkalis, Rabu petang, 25 Juli 2018, sudah mulai melakukan latihan bersama yang dipusatkan di lapangan Tugu, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bengkalis.

Mereka merupakan para siswa-siswi yang terpilih dari ribuan pelajar SMA sederajat dari 11 kecamatan di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.

Mereka inilah nantinya yang akan tampil dan bertugas sebagai Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) untuk mengibarkan dan menurunkan bendera Merah Putih pada upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Repubik Indonesia tingkat Kabupaten Bengkalis tanggal 17 Agustus 2018 mendatang yang jatuh pada hari Jum’at.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis, Anharizal menjelaskan, ke-75 calon Paskibra tersebut merupakan para pelajar pilihan hasil seleksi beberapa tahap yang dilaksanakan pihaknya di setiap kecamatan.

“Mereka inilah pelajar yang terbaik hasil seleksi untuk calon Paskibra Kabupaten Bengkalis tahun 2018,” paparnya, usai membuka pembinaan dan pelatihan Paskibra di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut Bengkalis, Senin, 24 Juli 2018.

Masih menurut Kepala Disparbudpora, untuk pelatihan para calon anggota Paskibra Kabupaten Bengkalis tahun 2018 ini, pihaknya bekerjasama dengan sejumlah pelatih terbaik dari anggota TNI Kodim 0303/Bengkalis, TNI Angkatan Laut (AL) dan kepolisian dari Polres Bengkalis.

“Jumlah pelatihnya sebanyak 7 orang. 3 orang dari TNI Kodim 0303/Bengkalis, 2 orang dari TNI Angkatan Laut dan 2 orang dari Polres Bengkalis,” rincinya.
M
asih menurut Anharizal, ke-75 calon anggota Paskibra itu diantaranya dilatih beberapa hal. Mulai dari pengenalan baris–berbaris, pembinaan fisik dan pelatihan formasi.

“Selain itu, mereka juga dibekali pelatihan mental idiologi dan bela negara. Mereka akan digembleng (dilatih) selama kurang lebih 30 hari,” jelasnya, seraya menambahkan ke-75 calon Paskibra tersebut terdiri dari 40 putra dan 35 putri. (rls)