BENGKALIS- Dalam rangka meningkatkan Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemarikan) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bengkalis menggelar Lomba Masak Menu Ikan yang diikuti oleh dua orang perwakilan TP PKK 11 kecamatan di Kabupaten Bengkalis Jumat, 7 September 2018.

Dengan bahan baku ikan bandeng, lomba masak menu ikan ini memperlombakan tiga kategori menu hidangan kudapan atau snack, menu hidangan untuk balita dan menu hidangan untuk keluarga yang langsung dimasak di tempat dan dinilai oleh juru Ahli Gizi, Yessica Vebrina, Chef Ahli Tata Boga (PHRI), Erdiana, Ketua Ikatan IKA Boga Bengkalis, Rudi Saeni dan TP PKK Kabupaten Bengkalis, Rahmi.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bengkalis, Herliawan mengatakan perlomban ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk mempopulerkan ikan sebagai makanan bergizi tinggi, sehat, murah dan berkelas.

“Inovasi menu masakan dengan bahan baku ikan bandeng juga dapat menarik minat generasi muda kita untuk konsumsi masakan ikan. Adanya gerakan Gemarikan kongkrit diharapkan dapat mendorong peningkatan konsumsi ikan daerah dan nasional,” lanjut Herliawan dalam sambutannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinisi Riau, Herman Mahmud berharap bahwa Kabupaten Bengkalis dapat lebih meningkatkan kemampuan dalam membuat menu olahan berbahan dasar ikan agar bisa menjadi juara di ajang perlombaan masak ikan tingkat provinsi nantinya.

“Tahun lalu pada perlombaan masak menu ikan, Kabupaten Bengkalis mendapatkan juara 2 di Provinsi Riau sehingga tidak bisa kami kirimkan untuk mengikuti di tingkat nasional. Mudah-mudahan saja tahun ini lebih meningkat, yang mendapatkan juara 1 di tingkat Kabupaten Bengkalis bisa mendapatkan juara 1 tingkat Provinsi,” Ucap Herman.

Setelah pembukaan perlombaan yang dilakukan oleh Ketua IV TP PKK, Yuhelmi. Juri dan tamu undangan mencicipi setiap menu olahan yang di hasilkan oleh TP PKK se-Kabupaten Bengkalis.

Hadir pada acara perlmbaan ini Camat Bengkalis, Ade Suwirman, Ketua IV TP PKK, Yuhelmi, Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Hukum, Haholongan serta sejumlah Forkopimda dilingkungan Pemerintah Bengkalis.(Dwi)