Bupati Bengkalis Amril Mukminin saat tabliq akbar dihalaman Kantor Camat Mandau

DURI (Riaulantang)- Antusias peserta pawai tahun baru islam yang tumpah ruah memenuhi badan jalan Sudirman Duri, Selasa pagi (11/09/18) berlanjut dengan tabliq akbar yang dihadiri langsung oleh bupati Bengkalis Amril Mukminin. Ribuan warga yang tumpah ruah ini langsung memenuhi halaman kantor Camat Mandau untuk mengikuti tabliq akbar yang menghadirkan ustadz H Marhalim, S.Ag dari Pekanbaru.

Belasan tenda besar di siapkan untuk menampung ribuan umat muslim yang duduk lesehan di bawah tenda itu.

Diawali dengan pembacaan ayat suci alquran oleh qori terbaik di Kecamatan Mandau, tabliq akbar tahun baru islam ini pun di mulai. Kepada ribuan umat muslim yang hadir, Bupati Bengkalis menyampaikan agar peringatan tahun baru islam ini lebih makin memantapkan diri untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Mari bersihkan hati dan sucikan diri. Mudah-mudahab kita menjadi diberi kemudahan hidup dan termasuk golongan orang-orang yang beruntung,” ujar Amril Mukminin.

Disisi lain Camat Mandau, Riki Rihardi menyampaikan antusias umat muslim hari ini yang berbondong bondong mengikuti pawai dan tabliq akbar 1 Muharram ini menunjukkan kekompakan dan semangat syiar islam warga kota Duri. Untuk itu pihaknya menyampaikan apresiasi dan minta kekompakan dan semangat ukkuwah islamiyah ini terus terjaga.

“Antusias umat muslim hari ini yang berbondong bondong mengikuti pawai dan tabliq akbar tahun baru islam ini menunjukkan kebanggaan umat islam terhadap hari besarnya. Untuk itu mari sama-sama kita tingkatkan kekompakan dan semangat ukkuwah islamiyah ini,” ujar Riki.

Sementata itu, Ketua panitia, Carles MA mengungkapan bahwa antusias warga yang tumpah ruah mengikuti pawai dan tabliq akbar ini tak terlepas dari peran Camat Mandau yang bersungguh-sungguh melaksanakan syiar islam di kota Duri ini. Kendati acara bertubi tubi sejak Camat menjabat 2 bulan lalu di kecamatan Mandau ini, namun Camat tak pernah mengeluh dan tetap semangat melaksanakan acara demi acara.

“Walau acara bertubi-tubi sejak Camat menjabat tapi beliau tak pernah mengeluh. Tekad beliau hanya ingin Mandau ini berkah. Ini dibuktikan hari ini ribuan masyarakat tumpah ruah untuk syiar islam. Target awal diperkirakan hanya sekitar 4 ribu peserta pawai, ternyata yang hadir hampir 7 ribu warga,” jelas Carles.

Sementara itu ustad H Marhalim, S.Ag dalam tausiahnya mengajak di tahun baru ini umat islam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta memanfaatkan sisa hidup untuk lebih mendekatkan diri pada Allah SWT.(susi)