Camat Mandau Riki Rihardi menunjuk.sketsa wajahnya yang dilukis warga

DURI (Riaulantang)- Disela kunjungan kerja ke desa Bathin Batuah, dipelosok Kecamatan Mandau, Rabu pagi (15/08/18) Camat Mandau, Riki Rihardi didaulat menjadi juri lomba hias desa ala HUT RI yang ditaja Kepala Desa. Tak ingin sendiri, Camat yang ketika itu didampingi Ketua Timrak PKK, Dewi Asdinar dan Kasi PMD Lisa Ardianti pun langsung menjalankan tugas bersama. 19 titik yang menjadi sentral perlombaan didatangi dengan didampingi Kades Prayetno, perangkat desa, RT RW dan warga.

Ternyata kunjungan ke desa yang berada diujung pusat pemerintahan itu tak sia-sia. Warga semangat menghias desa dengan pernak pernik HUT RI. Hampir sepanjang jalan bendera-bendera merah putih berukuran kecil hingga sedang menghiasi desa. Tak ketinggalan berbagai replika yang mengambarkan semangat kemerdekaan, mulai replika pesawat, meriam, penambah jitu dan lainnya.Malah sketsa Camat dan Kades pun ditampilkan warga.

Semangat dan semaraknya desa karena hiasan dan pernak pernik HUT RI diapresiasi juri dadakan, Riki Rihardi dan Dewi Asdinar. Keduanya terlihat semangat mendatangi titik-titik perlombaan walau di tengah cuaca yang terik. Riki makin semangat ketika warga antusias menunggu kedatangannya lengkap dengan sambutan lagu kebangsaan.

“Kita apresiasi dengan kreatifitas warga desa Bathin Betuah ini. Mudah-mudahan ini bisa di ikuti desa dan kelurahan lain, yang berlomba lomba menghias desanya hingga semarak seperti ini,” ujar Riki.

Kendati titik yang dikunjungi cukup berjauhan satu sama lain, namun Riki tetap bersemangat, mengingat warga sudah menunggu dan dia ingin bertatap muka dengan warganya. Dipenghujung kunjungan, Riki pun mengumumkan sang juara yang kemudian disambut tepuk sorak warga.

“Terimakasih kepada pak Camat yang sudah turun menilai lomba desa kami. Warga sangat bersemangat karena ini kali pertama Camat yang langsung turun melakukan penilaian. Mereka puas karena penilaiannya fair,” jelas Kades Prayetno.

Sementara itu ikutnya ketua Timrak PKK Mandau Dewi Asdinar dalam kunjungan ke desa ini juga diapresiasi warga, terutama ibu-ibu. Mereka yang awalnya sungkan sungkan ingin berpoto dengan bu Camat ini akhirnya bisa berpoto bersama karena Ibu Camat ini tak ragu ragu mendatangi warganya.

“Ternyata ibu Camat suka poto juga,” ujar seorang ibu yang berkesempatan berpoto dengan Dewi.(susi)