DURI (Riaulantang)– Pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang I di Kabupaten Bengkalis pada 7 Juli 2017 lalu, di Kecamatan Mandau hanya diikuti satu desa. Yaitu Bathin Betuah.

Bathin Betuah memang merupakan satu-satunya desa di kecamatan yang saat ini dipimpin Edy Djoko Imhar selau camat tersebut. Sedangkan 9 lainnya adalah kelurahan.

Ke-9 kelurahan tersebut adalah Air Jamban, Babussalam, Batang Serosa, Bakali Makam, Pematang Pudu, Duri Barat, Duri Timur, Gajah Sakti dan Talang Mandi.

Meski hanya 1 desa yang ikut Pilkades, tapi Mandau dipercaya jadi tuan rumah penyelenggara pelantikan Kades terpilih di Rayon IV ini.

Ini diantaranya tidak terlepas dari ketersediaan sarana akomodasi di Mandau. Supaya rangkaian acara pelantikan berjalan tepat waktu. Pasalnya, desa-desa di empat kecamatan di Rayon IV ini satu sama lain sangat berjauhan.

Tempat pelantikan untuk Rayon IV ini di halaman gedung  Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau Jalan Hang Tuah, Batang Serosa, Duri (kawasan Pokok Jengkol).

Ada 21 Kades terpilih yang bakal dilantik Bupati Bengkalis Amril Mukminin di tempat yang pernah dijadikan pusat helat MTQ XLII Mandau 2016 yang panitia ketua pelaksananya Wakapolres Bengkalis Taufiq Hidayat Thayeb ketika dia masih menjabat Kapolsek Mandau.

Ke-21 Kades terpilih itu adalah Prayetno (Bathin Betuah) dari Mandau. Sedangkan dari Bathin Solapan ada 10 orang, yaitu Asrizal (Simpang Padang), Pangibulan Sirait (Pematang Obo), Syahril. Mr (Air Kulim), Legimun (Buluh Manis), Rasikun (Petani), Selamet Widodo (Boncah Mahang), Rakino (Pamesi), Sondi Sidabutar (Bathin Sobanga), Ahmad Syuhada AM (Sebangar) dan Wahyu Hidayat (Tambusai Batang Dui).

Kemudian, Pinggir 6 orang, yakni Muhammad Asisi (Balai Pungut), Umar B (Semunai), Rumbin Sitio (Tengganau), Basma Adam Lubis (Sungai Meranti), Lintong (Pangkalan Libut), Sartono (Buluh Apo).

Terakhir Tualang Mandau, terdiri dari Lahdi (Beringin), Abu Sofyan (Koto Pait Beringin), Junaedi Sinaga (Tasik Tebing Serai) dan Amri Rambe (Serai Wangi).

Untuk fasilitas akomodasi, kecuali Simpang Padang, Pematang Obo dan Tambusai Batang Duri (Bathin Solapan), seluruh Kades terpilih untuk Rayon IV ini memperolehnya.

Ke-18 Kades terpilih yang mendapat fasilitas akomodasi, sudah harus check in (masuk penginapan/hotel) sehari sebelum pelantikan pada pukul 13.00 WIB. Dan check out usai pelantikan pada pukul 12.00 WIB.

“Yang ingin nambah silahkan, tapi biayanya ditanggung sendiri. DPMD tidak menanggungnya lagi,” kata Wahyuddin, Rabu (23/8/2017) lalu.

Masih menurut Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ini, gladi bersih pelantikan dilaksanakan sehari sebelum pelantikan, pada pukul 15.00 WIB. Kades terpilih yang sudah beristri harus hadir bersama istri  ketika acara pelantikan.(hms)