DURI (Riaulantang)- Pengelolaan Usaha Ekonomi Kelurahan (UEK) Batang Serosa, terbilang cukup baik di wilayah Kecamatan Mandau. Selama tahun 2017 lalu, UEK Batang Serosa berhasil meraup keuntungan hingga Rp157.537.562. Keuntungan ini berasal dari dana propinsi dan kabupaten yang sudah digulirkan kepada pemanfaat.

Dalam Musyawarah Kelurahan Pertanggung Jawaban (MKPT) yang digelar di halaman UEK Batang Serosa, Jalan Sudirman, Simpang Pokok Jengkol Duri, Sabtu (13/01/18), Ketua UEK Batang Serosa, Syamsumar didampingi pengelola memaparkan kondisi keuangan UEK selama setahun berjalan.

Menurut Syamsumar, keuntungan yang dicapai Rp 157.537.562  ini berasal dari keuntungan dana propinsi Rp  14.188.840 dan keuntungan dana kabupaten Rp 143.348.722.

“Keuntungan yang didapat ini telah kita distribusikan sesuai peruntukkannya. Untuk APBDes, cadangan modal, bonus pelaku, doorprice, dana sosial dan lainnya. Untuk dana sosial, sesuai kesepakatan pengelola diberikan kepada 100 warga yang belum mampu diwilayah ini,” jelas Syamsumar.

Disampaikannya, keputusan menambah penerima bantuan sosial ini lantaran kondisi perekonomian Mandau yang saat ini tengah menurun. 

“Kondisi ekonomi di Duri saat ini tak stabil. Makanya dana sosial yang tahun lalu untuk 75 warga tak mampu, tahun ini ditingkatkan menjadi 100 warga,” ujarnya lagi.

Mandeknya ekonomi juga berimbas kepada angsuran pemanfaat, ungkapnya. Jumlah tunggakkan tahun ini meningkat dibanding tahun. Kendati demikian, pihaknya terus berupaya agar tunggakan bisa diperkecil.

” Terimakasih kepada pemanfaat yang sudah meminjam di sini. Mudah-mudahan pinjaman yang diberikan bermanfaat bagi peningkatan usaha masing-masing,” ujarnya.

Syamsumar juga memaparkan bahwa simpanan pokok tidak dibagi. Penggunaannya digabung dengan doorprice hingga total dana door price menjadi Rp 77 juta.

“Untuk doorprice kita bagikan rata kepada manfaat. Tidak cabut undian,” ujarnya.

Disisi lain  Lurah Barang Serosa, Syafrimal  berharap pemanfaat bisa mengunakan pinjaman dengan bijak.

“Dengan keuntungan yang sudah diraih ini, mudah-mudahan UEK Batang Serosa bisa lebih baik lagi tahun ini,” ungkap Syafrimal

Terlihat hadir dalam MKPT itu, Babinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan ratusan pemanfaat.

Kepada pemanfaat, pengelola memberi doorprice sesuai dengan pinjaman masing-masing. Ada yang menerima sapu rumah, ada pula yang menerima perlengkapan dapur. (susi)