TEMBILAHAN – Bupati Kabupaten Indragiri Hilir HM Wardan ingatkan warganya agar mewaspadai bencana kebakaran dan menjaga ketertiban umum, terutama di bulan Ramadhan. Pasalnya, khusus untuk musibah kebakaran yang terjadi pada bulan Ramadhan kerap disebabkan oleh kelalaian masyarakat saat konsentrasi mulai berkurang karena tengah menjalankan ibadah puasa. 

“Jadi, saat konsentrasi sudah berkurang, sering sekali ada hal riskan menyebabkan kebakarannya, seperti mematikan kompor, mematikan lampu atau peralatan elektronik lainnya. Ini perlu kita waspadai,” kata Bupati Wardan di sela-sela melaksanakan shalat taraweh berjama’ah di Mesjid Yayasan Amal Bhakti Muslim Pancasila (YAMP), Tembilahan, Minggu (28/5/17). 

Bupati Wardan juga mengatakan, bahwa kebakaran dapat pula dikarenakan oleh kelalaian dan kelelahan karena telah seharian menjalani aktifitas rutin di saat ibadah puasa.

 “Misalnya saja, saat terjadi pemadaman lampu, masyarakat jangan lupa mematikan lilin sebelum tidur. Karena hal seperti inilah yang kerap menjadi penyebab kebakaran, yakni karena lupa mematikan lilin dan langsung tidur,” ujarnya.

 Selanjutnya, Bupati Wardan juga mengimbau agar masyarakat Kabupaten Inhil dapat senantiasa menjaga ketertiban umum selama bulan Ramadhan. 

“Jangan lakukan aktifitas yang dapat mengganggu ketertiban umum, siang maupun malam hari. Perbanyaklah beribadah di bulan penuh berkah. Tingkatkan amaliyah Ramadhan, isi sisa hidup kita dengan kebaikan dengan amalan yang bersifat terukur,” pungkas Bupati