DURI (Riaulantang)- Plt Kadis Kesehatan Bengkalis mengaku  bahagia bisa berada di tengah-tengah orang mulia yang mengagas dan melaksanakan bakti sosial operasi bibir sumbing dan celah langit-langit yang dilaksanakan di RS Permata Hati Duri, Kamis (21/12/17). Ungkapan itu disampaikan Supardi saat membuka langsung pelaksanaan kegiatan sosial yang dilaksanakan RS PH bekerjasama dengan RS Ibnu Sina Pekanbaru dan Smile Train yang merupakan organisasi amal terbesar  khusus menangani  celah bibir dan langit-langit itu.

“Saya mengucapkan terimakasih yang tak terhingga bisa menghadiri acara yang mulia ini. Mudah-mudahan berjalan lancar dan kita semua bisa melihat senyum pasien dan keluarga,” jelas Supardi yang mengapresiasi kegiatan yang menurutnya luar biasa itu.

Senada Direktur RS Permata Hati Duri, dr Efriyanti juga menyampaikan perasaan haru bisa menjadi bagian dari orang-orang yang bisa membantu anak-anak yang mempunyai kelainan bibir dan langit-langit ini.

“Mau makan dan minum mereka terkendala. Efek jangka panjang, tentu akan mempengaruhi hidup mereka. Mudah-mudahan operasi hari ini bisa merubah kualitas hidup mereka akan lebih baik. Semua mereka adalah segalanya bagi kami,” jelas dr Ef.

Dijelaskan dr Ef, ada 18 pasien yang mendaftar untuk operasi ini. Namun 2 orang tidak  memenuhi syarat hingga akhirnya dilakukan operasi untuk 16 pasien secara paralel.

“Tim ahli dari pagi ini sudah melakukan operasi. Mudah-mudahan hari ini selesai. Pasien diinapkan 1 hari dan minggu depan di kontrol lagi,”

jelas Dr Ef yang merasa bangga dan disupport oleh Plt Kadis dan Smile Train.

Disisi lain, Fitria Mukti dari RS Ibnu Sina Pekanbaru mewakili Smile Train menjelaskan Smile Trainm erupakan organisasi amal terbesar  khusus menangani  celah bibir dan langit-langit yang berkedudukan di New York.Di Riau, organisasi ini berdiri sejak tahun 2008 bekerjasama dengan RS Ibnu Sina dan sudah 1.400 pasien yang dioperasi.

“Kita mendatangi daerah-daerah yang menjangkau program ini. Khusus Riau, kita sudah lakukan operasi di RS Kampar, Pasir Pangarayan, Ujung Tanjung, Bagansiapi-api, Dumai dan Duri ini,” jelas Fitria.

Sementara itu, usai penghadiri pembukaan kegiatan bakti sosial di aula pertemuan RS PH, Plt Kadis Kesehatan dam rombongan diajak melihat langsung pelaksanaan operasi. Didampingi Dr Efriyanti, Plt Kadis menyaksikan tim dokter tengah bekerja mengoperasi pasien di kamar operasi RS PH Hati Duri. (susi)