BAGANSIAPIAPI (Riaulantang)- Bupati Rokan Hilir H.Suyatno memimpin rapat akhir jelang pelaksaan iven wisata nasional Ritual Bakar Tongkang yang akan digelar  9 Juni hingga 11 Juni mendatang. Rapat dipusatkan di Mess pemda Jalan Perwira, Selasa (6/6) malam yang dihadiri oleh  Forkopimda Rohil dan Ketua DPRD Nasrudin Hasan.

Dalam rapat tersebut dibahas  kehadiran Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan dan Ketua DPR RI Setya Novanto serta Gubernur Riau, Kapolda Riau dan Danrem Wirabima.

Bupati mengatakan bahwa selaku tuan rumah Rohil sangat siap menyambut para pejabat tinggi negara dan pejabat tinggi Provinsi dalam acara Ritul bakar Tongkang.

“Kita sangat siap lahir dan batin, apalagi pak Menko Maritim dan ketua DPR RI datang ke nengeri kita yang tentunya sebuah kehormatan,”

kata Suyatno.

Nantinya rombongan Menko akan bersama dengan Gubernur dan Danrem menggunakan pesawat pribadi menuju kota Dumai pada Minggu pagi 11 Juni 2017. Sedangkan rombongan Kapolda akan tiba lebih awal karena adanya kegiatan Syafari Ramadan di Rokan Hilir.

“‘Saya langsung bersama ketua DPRD Rohil akan menyambut pak Menko Luhut dan pak Setya Novanto di Dumai, untuk pak Kapolda tanggal 10 sudah tiba di Bagansiapiapi dan akan kita sambut dengan tepung tawar sebagai bentuk sambutan adat penghormatan pertama kali ke Rohil,” kata bupati.

Bupati menambahkan, untuk pelaksaaan malam hiburan yang dimulai 9 Juni di IP Plaza diharapkan bisa digelar setelah solat tarawih. hal ini sebagai bentuk toleransi banyaknya umat Muslim yang melaksnakan ibadah. “Tahun lalu juga bulan puasa dan alhamdulillah saudara kita Tionghqa sangat mengerti dan acara digelar usai tarawih, tahun ini sama kita harapkan juga demikian,”papar Suyatno.

Sementara itu pada acara puncak diharapkan paling lama pukul 14.00 WIb Tonngkang sudah mulai bisa diarak sehingga bisa cepat selesai karena banyaknya tamu yang kemungkinan akan langsung pulang pada hari itu juga.

“Tamu dari pusat naik Peswat jadi paling lama jam 15.30 itu sudah harus bergerak. kita minta panitia mempertimbangkan hal itu,” kata bupati.

Sementara itu Kapolres Rohil AKBP Henry Posma Lubis mengatakan bawa pengamanan acara nasional ini akan dimulai sejak 8 Juni sore hingga 11 Juni dan akan menurunkan ribuan tim gabungan dari Polisi, brimob, TNI dan Satpol PP. Hal ini dilakukan agar Bagansiapiapi aman dan kondusif saat acara iven nasional dilaksnakan.

“Kita sudah koordinasi bersama Dandim, Kasatpol PP juga Danbrimob dan sudah siap untuk melakukan pengamanan diberbagai titik acara.” kata Kapolres. (Jon)