RUPAT (Riaulantang) – Disambut dengan kibaran bendera merah putih berukuran kecil dari anak-anak SD 027 dan SD 003 Teluk Lecah, serta siswa-siswi SMP 3 Rupat, Bupati Bengkalis Amril Mukminin menghadiri sekaligus membuka kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM), tingkat Kabupaten Bengkalis, di Desa Teluk Lecah, Kecamatan Rupat, Kamis, 25 Oktober 2018.

Semarak dalam menyambut Bupati Bengkalis bukan hanya itu saja, aksi silat sebagai bentuk penghormatan dan lantunan solawat al-barzanji juga disuguhkan pada kala itu.

Tak ketinggalan, tari persembahan dalam menyuguhkan kapur dan sirih yang juga sebagai simbol penghormatan, dan penampilan seni musik Kebane (sejenis kompang) dari kelompok Warisan Melayu Teluk Lecah.

Selain mendapat gelar Juara I Kegiatan BBGRM tingkat Kabupaten Bengkalis, Masyarakat Desa Teluk Lecah ini pun mendapat pujian dari Bupati Bengkalis Amril Mukminin, yang dinilai masih melestarikan budaya maupun seni khas Melayu.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada seluruh masyarakat, khususnya di Desa Teluk Lecah, Kecamatan Rupat ini, atas partisipasi dan peran aktifnya dalam menjaga desa, baik dalam pembangunan maupun dalam melestarikan seni dan budaya lokal yang kita miliki,” ujar Amril.

Dalam pelaksanaan pencanangan BBGRM, Bupati Bengkalis juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus melestarikan serta menumbuhkembangkan budaya gotong royong di lingkungan sekitar.

“Dengan demikian, kita bisa memajukan desa kita lebih baik dan terus lebih baik. Desa membangun dan membangun desa, itulah yang kita inginkan sesuai harapan pemerintah pusat,” sebutnya.
Amril berpesan, kegiatan gotong jangan sampai hilang diaktivitas masyarakat.

Karena gotong royong merupakan metode dan langkah yang sangat dibutuhkan untuk sama-sama dalam membangun desa. Terlebih kegiatan ini sudah ada dari zaman nenek moyang terdahulu.

“Melalui BBGRM ini, kami mengajak kita semua sama-sama mewujudkan pembangunan melalui pemanfaatan potensi dan kearifan lokal yang ada di desa. Mudah-mudahan kita semakin mampu memajukan daerah kita ini secara bersama-sama,” tutupnya.

Turut hadir, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Yuhelmi, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis, Kasmarni Amril, Ketua Dharma Wanita Bengkalis, Hj. Akna Juwita, Camat Rupat Hanafi, Kapolsek Rupat, Danramil Rupat, sejumlah Kepala OPD, tamu undangan dan ratusan masyarakat.(dwi)