BENGKALIS (Riaulantang) – Pemerintah Kabupaten Bengkalis meraih penghargaan piagam opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Menteri Keuangan Republik Indonesia, atas hasil pemeriksaan laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Bengkalis tahun 2017.

Penyerahan penghargaan piagam tersebut diwakili Kepala Bidang Pembinaan II Kanwil Ditjend Perbendaharaan Provinsi Riau Zainal Abidin kepada Bupati Bengkalis diwakili Sekda Bengkalis H Bustami HY.

Kegiatan penyerahan penghargaan dilaksanakan pada Kamis pagi 25 Oktober 2018 bertempat di ruang rapat lantai II Kantor Bupati Bengkalis. Acara ini turut dihadiri Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bengkalis Aulia, Kepala Badan Pendapatan Daerah H Imam Hakim dan sejumlah pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Zainal Abidin mengatakan untuk Pemerintah Kabupaten Bengkalis ini merupakan WTP yang kelima, mudah-mudahan WTP yang keenam nantinya langsung diserahkan oleh Presiden Republik Indonesia.

“WTP ini merupakan bukti bahwa Pemerintah Kabupaten Bengkalis sudah bersungguh-sungguh dan serius dalam mengelola laporan keuangan, artinya dalam mengelola keuangan telah mengikuti rambu-rambu dan juga mengikuti peraturan perundang-undangan,” ungkap Zainuddin.

Selanjutnya Zainal Abidin menambahkan WTP ini merupakan sebagai wujud dan komitmen dalam pengelolaan keuangan, transparan dan akuntabel dalam menciptakan Pemerintahan yang bersih dan Good Governance.

Zainal mengungkapkan WTP ini bukan tujuan utama yang di cita-citakan melainkan sebagai awal dari suatu perjalanan di Kabupaten Bengkalis, dimana jangan sampai kita Pemerintah Daerah meraih WTP dalam pengelolaan namun tidak tercermin dalam pengelolaan kinerja yang baik

“Tujuan utama WTP ini hendaknya dapat meningkatkan kinerja indikator pembangunan seperti tingkat kemiskinan menurun dan perekonomian masyarakat meningkat, tingkat pengangguran turun, hal tersebut merupakan indikator pembangunan yang dicapai dengan pengelolaan keuangan yang baik,” harap Zainal.

Sementara itu Bupati Bengkalis diwakili Sekda Bengkalis H Bustami HY mengatakan perolehan opini WTP yang sudah diraih ini merupakan harus menjadi tantangan dengan bekerja lebih keras dan bukan untuk menjadikan kebanggaan yang berlebihan karena bukan tujuan utama.

“Kedepan hendaknya dapat menjadi tantangan dan meningkatkan serta dapat meningkatkan perbaikan yang lebih baik, untuk diketahui Pemkab Bengkalis dari tahun 2013 cukup berat perolehannya, saya yakin setelah kita perbaiki ini hendaknya dapat meningkatkan ke arah yang lebih baik,” ungkap Bustami.

Bustami menambahkan, atas nama Pemerintah Kabupaten Bengkalis kami mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada semua yang terlibat dan kontribusi dalam meraih penghargaan opini WTP ini.(dwi)