DURI (Riaulantang)  – Jika pada pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA sederajat  beberapa waktu lalu Bupati Bengkalis Amril Mukminin melakukan peninjauan  di beberapa sekolah di Kecamatan Bengkalis, pada UN tingkat SMP  sederajat, peninjauan serupa dilakukan sejumlah sekolah di  Kecamatan  Pinggir dan Mandau.

Ada empat SMP yang ditinjau orang nomor satu di kabupaten berjuluk  Negeri Junjungan ini yaitu SMP Swasta Santo Yosep dan SMP Swasta Mutiara  (Kecamatan Pinggir) serta SMP Swasta Cendana dan SMP Negeri 1 Mandau.

 

Dijelaskan  Bupati Amril, pada UN SMP sederajat yang diikuti sekitar 150 sekolah di  daerah ini, sekolah yang melaksanakan UNBK (Berbasis Komputer) hanya 9  sekolah.

“Insya Allah, pada tahun anjaran mendatang, SMP yang melaksanakan UNBK  akan kita tingkatkan. Minimal dua kali lipat (18 sekolah). Kami sudah  instruksikan Kepala Dinas Pendidikan agar hal ini menjadi perhatian,”  ujar Bupati Amril menjawab wartawan usai melakukan peninjauan di SMP  Negeri 1 Mandau, Senin, 23 April 2018.

Dijelaskannya, sejauh ini tidak ditemukan persoalan yang menghambat pelaksanaan UN tingkat SMP sederajat di daerah ini.

“Dari 4 sekolah di Pinggir dan Mandau yang kami tinjau, alhamdulillah  semua berjalan lancar. Kecuali di SMP Negeri 1 Mandau, semua peserta UN  hadir semua,” jelasnya seraya mengatakan bahwa berdasarkan penjelasan  Kepala SMP Negeri 1 Mandau, di sekolah tersebut ada 2 peserta didik yang  tidak hadir.

Selain Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Heri Indra Putra,  sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah  Kabupaten Bengkalis juga ikut mendampingi Bupati Amril melakukan  peninjauan tersebut.

Selain itu, sejumlah anggota DPRD Bengkalis dari Pinggir dan Mandau  seperti Fransisca Sinambela, Rianto, Pipit Lestari, H Thamrim dan Daud  Gultom juga ikut mendampingi Bupati Amril melakukan peninjauan dimaksud.

Sementara itu, berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Bengkalis,  peserta didik yang menguti UN tingkat SMP yang berlangsung 23-25 April  2018 ini sekitar 12.000 orang.(rls)