DURI (Riaulantang)- Warga Jalan Tegal Sari Ujung RT 1 RW 2 desa Pematang Obo, Kecamatan Batin Solapan, Bengkalis dihebohkan dengan kemunculan bunga bangkai di halaman samping rumah Ketua RW Sokiran. Bunga itu tumbuh persis di depan kandang kambing, diapik tumbuhan suwek. Jika maghrib hingga malam bau amis seperti bangkai tercium dari bunga itu.

“66 Tahun saya hidup baru kali ini saya lihat bunga ini.  Awalnya kuncup. Baru tiga hari ini kembang,” jelas Sokiran.

Dijelaskannya, bau amis bangkai dari bunga itu lebih menyengat dari bau kandang kambing yang ada di samping rumahnya itu.

“Duduk diteras saja baunya sudah meyengat. Lebih menyengat dari bau kambing,” jelas Sokiran yang oleh warga akrab di panggil Pak De ini

Dijelaskan Pak De, kemunculan bunga ini sangat tak di duga. Semula juga batang suwek yang bibitnya di bawa dari Jawa, namun lama kelamaan tanaman itu mekar dan mengeluarkan bau busuk.

“Tumbuhnya sudah seminggu ini. Diantara tanaman suwek yang dibibitnya dibawa dari Jawa. Kalau suwek ini untuk obat,” ujar Pak De menjelaskan tumbuhan yang mengapit bunga bangkai itu

Kehadiran bunga banga di area pemukiman warga Jalan Tegal Sari ini tentu saja menarik perhatian warga. Pasalnya bunga ini biasa ditemui di hutan hutan tapi kali ini di depan kandang kambing di pemukiman warga.

‘Awal saya datang kesini. ini masih kawasan perbukitan,” jelas Pak De. (susi)