TALANG MUANDAU (Riaulantang) – Setelah Kecamatan Mandau, pada hari Senin (23/4/2018) malam, Kecamatan Talang Muandau melaksanakan pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-1 tingkat Kecamatan Talang Muandau, bertempat di Lapangan Sepak Bola Desa Beringin.

Pembukaan tersebut ditandai penekanan tombol sirine oleh Bupati Bengkalis , Amril Mukminin didampingi oleh Plt.Camat Talang Muandau Alazmi Yulizar, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Bengkalis yang juga merangkup sebagai Ketua Harian LPTQ Kabupaten Bengkalis H. Heri Indra Putra, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pinggir Syamsir.JS.

Pada kesempatan itu, Bupati Bengkalis berharap pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) perdana Kecamatan Talang Mandau diharapkan mampu menjadi pondasi khususnya bagi para generasi muda untuk yang cinta Al-Qur’an dan gemar mengaji, karena saat ini generasi muda bangsa kita senantiasa berada dalam ancaman bahaya.

“Dunia informasi dan telekomunikasi yang canggih saat ini serta kemajuan arus globalisasi. Selain berdampak positif untuk kemajuan suatu bangsa, juga berdampak negatif, yang dapat membuat generasi muda/generasi zaman now, selalu terombang-ambing dalam pemikiran sesat dan perbuatan maksiat,” sambungnya.

Lebih lanjut Bupati Bengkalis mengatakan, jika kemajuan informasi dan telekomunikasi tidak dibarengi dengan bekal iman yang tangguh dan pemahaman keagamaan yang kuat serta pendidikan moral yang mumpuni, maka bersiap – siaplah kita pada kehancuran generasi muda masa depan bangsa, yang mudah tergoyahkan ke dalam lautan kesesatan yang tidak bertepi bahkan tergiur dan tertipu dengan slogan-slogan yang menyesatkan tersebut.

Kemudian Bupati Bengkalis juga mengingatkan kepada generasi muda Islam Kecamatan Talang Muandau beliau berpesan agar senantiasa mencintai Al-Qur’an dan mempelajari isi kandungannya, untuk dapat kita menciptakan generasi yang beriman, berakhlakul karimah, saling hormat menghormati dan menghargai dalam bingkai ukhuwah islamiyah sebagaimana yang diajarkan dalam Al-Qur’an.

“Melalui MTQ Kecamatan Talang Muandau yang perdana ini, Bupati Bengkalis juga mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan pemahaman serta nilai-nilai ajaran Al-Qur’an, sehingga mampu menjadi panangkal masuknya beberapa pemahaman yang bertentangan dengan nilai dan norma agama dan sosial serta menjadi benteng terhadap permasalahan bangsa,” tutupnya.

Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an ke-1 tahun 2018 Tingkat Kecamatan Talang Muandau diikuti sebanyak 61 orang peserta dari 9 desa Se-Kecamatan Talang Muandau dengan memperlombakan Cabang Tilawatil Qur’an golongan tartil putra-putri, golongan anak – anak putra – putri, golongan remaja putra-putri serta golongan dewasa putra-putri.(hms)