PINGGIR (Riaulantang)-   Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kecamatan Pinggir ke-16 diawali dengan tarian persembahan tepak sirih tanda penghormatan kepada tamu-tamu yang datang. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh ketua kemenag.
Acara secara resmi dibuka oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin dengan penekanan sirine didampingi oleh Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis Dapil Mandau dan Pinggir Ibra Teguh dan Pipit Lestari, serta Camat Pinggir Toharudin dan Forkopimda, pada Minggu malam (31/03/2019).

Cuaca gerimis tidak membuat antusias masyarakat menyurut untuk menyaksikan acara pembukaan MTQ tersebut. Suara merdu Hafizah cilik berumur 5 tahun Istiana Billah membuat semua hadirin terpaku mendengar lantunan ayat suci yang dibacanya.

Bupati Bengkalis dalam sambutannya meminta agar masyarakat memahami isi Al-Quran dan melaksanakannya di dalam kehidupan sehari-hari.

“Al-Quran bukan hanya sebuah teks yang hanya cukup untuk dibaca, terlebih apabila ditambah dengan mempelajari, mendalami dan mengambil hikmah dari nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, karena Al-Quran merupakan ilmu yang secara langsung diberikan Allah SWT kepada semua hambanya guna memenuhi isi hati yang diucapkan secara lisan dan diwujudkan dalam tingkah laku perbuatan kita sehari-hari. Hati yang jarang berinteraksi dengan Al-Quran ibarat rumah kosong yang tak berpenghuni”,Jelas Amril Mukminin.

Oleh karena itu, ia juga berpesan bahwa sudah seharusnya Al-Quran menjadi bacaan diantara sekian banyak koleksi buku bacaan dan rekaman suara ayat-ayat Al-Quran yang selalu terdengar oleh telinga akan menjadi lebih utama diantara puluhan bahkan ratusan koleksi rekaman lagu yang dimiliki.

Pelaksanaan MTQ yang diadakan rutin setiap tahunnya ini diikuti sebanyak 120 orang peserta, 65 orang peserta laki-laki dan 55 orang peserta perempuan.

Sementara itu, Anggota DPRD Bengkalis Ibra Teguh mengatakan kegiatan MTQ ini bertujuan untuk melakukan syiar agama Islam dengan Al-Quran.
“Jadikanlah MTQ ini sebagai ajang untuk memotivasi, meningkatkan pemahaman dan pengamalan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Kemudian Pipit Lestari juga mengajak masyarakat untuk beramai-ramai datang menyaksikan pelaksanaan MTQ ini. “Dengan pelaksanaan MTQ ini kita wujudkan masyarakat Kecamatan Pinggir yang terdepan dan religius”,Ujar Pipit. (skw)

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, sejatinya Al-quran merupakan petunjuk manusia dari kesesatan, merupakan penjelasan yang mengantarkan kepada hukum-hukum yang benar, dan merupakan pembeda yang membedakan antara yang haq dan bathil.

Disamping itu sambung Amril, Al-qur’an juga merupakan petunjuk qalbu manusia bagi yang mengimaninya, membenarkannya, dan mengikutinya. Juga sebagai dalil-dalil dan hujjah yang jelas dan nyata bagi yang memahami dan mentadabburinya.

“Al-qur’an bukan sebuah teks yang cukup untuk dibaca, melainkan sebuah pedoman bagi hidup umat islam, terlebih apabila dipelajari, dan dipahami maka kita akan selamat hidup di dunia maupun di akhirat,” jelas Amril.

karena Al-qur’an merupakan ilmu yang secara langsung diberikan Allah SWT kepada hambanya guna memenuhi isi hati yang diucapkan secara lisan dan diwujudkan dalam tingkah laku perbuatan kita sehari-hari.

“Apabila Hati kita jarang berinteraksi dengan Al-qur’an ibarat rumah kosong yang tak berpenghuni,” pungkasnya

Disisi lain Camat Pinggir Toharudin, mengatakan pelaksanaan MTQ merupakan program rutin setiap tahunnya, dalam rangka untuk mencari qori’ dan qori’ah serta ajang seleksi yang akan diikuti ke tingkat Kabupaten Bengkalis nanti.

“Kepada qori/qori’ah kami berharap agar serius untuk mengikuti pelaksanaan MTQ ini, karena nantinya yang berhasil mendapat prestasi terbaik akan diikut sertakan ke tingkat Kabupaten,” jelasnya.

Sementara itu panitia acara Samsir Js mengungkapkan maksud dilaksanakannya MTQ ini untuk menumbuh kembangkan minat dan bakat kepada anak dalam membudayakan baca tulis Al-quran, dan tujuannya adalah ajang seleksi dari Kecamatan untuk di ikut sertakan pada ajang MTQ tingkat Kabupaten Bengkalis nanti.

Adapun Waktu pelaksanaan selama 5 Hari terhitung 31 Maret sampai 4 April serta cabang diperlombakan sebanyak 8 cabang.

“Peserta yang mengikuti MTQ ini 120 orang. 65 laki-laki dan 55 perempuan,” ucapnya.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut, Ketua TP. PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni Amril, anggota DPRD Kabupaten Bengkalis, Ibra Teguh, Pipit Lestary, Kepala OPD Kabupaten se-Kabupaten Bengkalis, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, administrator dan pengawas lingkup pemerintahan Kabupaten Bengkalis, lurah se-Kecamatan Pinggir, Kepala Desa se-Kecamatan Pinggir serta masyarakat kecamatan Pinggir.(hms)