Goro warga Tegal Sari Duri buka akses jalan 800 x 4 meter

DURI (Riaulantang)- Proaktif warga Tegal Sari Kelurahan Air Jamban Kecamatan Mandau dalam membersihkan kawasan lingkungan patut diajungkan jempol. Tiap bulan, dengan di motori Ketua RT/RW, warga bergotong royong membersihkan lingkungan. Jalan kampung, gorong-gorong dan parit tersumbat menjadi sasaran warga.

Minggu pagi (18/11/18) sekira pukul 07.30 WIb seratusan warga kembali melaksanakan goro. Sasaran kali ini membuka akses jalan alternatif menuju SDN 58 Mandau. Badan jalan yang semula hanya jalan tanah yang ditumbuhi semak belukar di buka dan di bersihkan warga yang merupakan gabungan Ketua RT/RW dan tokoh masyarakat.

Aparat kelurahan, Kasmari dan anggota DPRD Bengkalis Syaiful Ardi yang tinggal di sekitar lokasi juga turun tangan dalam kegiatan goro tersebut.

Cukup lama warga bertungkus lumus membersihkan badan jalan untuk di jadikan jalan alternatif itu. Bahu membahu mereka membersihkan, mencangkul dan memadatkan badan jalan. Hingga siang badan jalan sepanjang 800 meter dengan lebar 4 meter selesai di kerjakan.

Tidak hanya badan jalan, gorong-gorong untuk memfungsikan jalan alternatif itu juga menjadi perhatian. Sedikitnya dibutuhkan 10 buah polongan untuk menghubungkan badan jalan yang terputus akibat parit yang membelah badan jalan. Alhasil 10 buah polongan itu langsung didatangkan anggota DPRD Bengkalis Syaiful Ardi yang ingin jalan penghubung itu bisa segera di fungsikan.

“Alhamdulillah proaktif warga sangat tinggi. Mereka merelakan tanahnya terpakai untuk badan jalan. Ada yang terpakai beberapa meter ada pula yang terpakai puluhan meter untuk membuka jalan alternatif yang menghubungkan Jalan Tegal Sari ke Jalan Sukajadi,”jelas Ketua RW 20 Mukhlis

Dikatakannya Goro pembukaan badan jalan ini merupakan usulan warga. Dengan peran dan proaktif Ketua RT/RW, warga yang berada di sepanjang jalan itu menyumbangkan tanahnya untuk di jadikan badan jalan.

“Kebun saya berkurang 4 X 6 meter pak,” ujar warga ketika anggota DPRD Bengkalis Syaiful Ardi bersama Ketua RT/RW meninjau kembali badan jalan yang sudah di buka itu.

“Alhamdulillah. Terimakasih pak. Ini amal baik bapak. Mudah-mudahan amal ibadahnya terus mengalir ke bapak nanti, ” jelas anggota DPRD dari Fraksi Partai Amanat Nasional itu.

Sementara itu proaktif warga ini diapresiasi pihak Kelurahan. Pihak kelurahan tak menyangka warga bisa menyulap badan jalan cukup lebar dan panjang ini hanya dalam waktu setengah hari.

‘Kita apresiasi kegiatan goro pembukaan badan jalan ini. Mudah-mudah akses jalan di Gang Tupai hingga ke Gang Ikhlas yang melingkari pagar Perumahan Graha Asri ini bermanfaat bagi masyarakat,” ungkap Kasmari yang ikut goro sembari makan nasi bungkus bersama warga dan anggota DPRD Syaiful Ardi.

Pantauan di lapangan akses Jalan yang dibuka mulai dari Jalan Tegal Sari Ujung Gang Tupai hingga ke Gang Iklas yang merupakan kawasan padat pemukiman. Badan jalan melingkari tembok pembatas perumahan Graha Asri II. Di sepanjang badan jalan yang dibuka, warga menyediakan makanan dan minuman untuk warga yang sudah menyumbangkan pikiran, tenaga dan dana itu.

“Terimakasih kami tak jauh lagi memutar. Jalannya sudah bisa langsung dilewati,” ujar warga.(bambang)