DURI (Riaulantang)- Peduli penderitaan muslim Rohingya yang mendapat siksaan di luar batas kemanusiaan, Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Bengkalis di Duri, Minggu siang (03/09/17) berkumpul menyamakan persepsi bergerak bersama menggalang dana kemanusian. Satu jam penggalangan, terkumpul dana Rp 38 juta. Bagi warga Duri, Bengkalis bahkan Riau yang ingin menyumbangkan dana kemanusiaan bagi muslim Rohingya bisa menstraferkan dana donasi ke 7013276956 atas nama Efiyus Hz Qq BSMI Duri dan Bank Mandiri nomor rekening 172 0000 7484 77 atas nama Ediyus Haji Zubi 

Hadir dalam menggalangan dana itu, Ketua BSMI Zona Sumatera, H Abddul Gaffar, sejumlah pengurus BSMI Bengkalis di Duri, diantaranya H Fidel Fuadi, H Khairul Umam, Ediyus, H Misno dan lainnya serta sejumlah pemuda Muhammadiyah.

Mewakili Ketua BSMI Bengkalis, H Fidel menjelaskan tak ada kata yang bisa disampaikan untuk penderitaan muslim Rohingya yang mendapat siksaan di luar batas kemanusiaan. Untuk itu BSMI tergerak mengumpulkan dana kemanusian bagi Rohingya ini.

“Saya yakin, masyarakat berkeinginan memberikan bantuan tapi tidak tahu kemana mau di salurkan. BSMI insyaalah akan membuka beberapa counter pengumpulan.  Counter pertama di RS Permata Hati,. Masyarakat yang menyalurkan bantuan, silahkan” jelas dr Fidel.

Senada ustad Khairul Umam juga menyampaikan derita Rohingya yang di siksa, disembelih dan dibakar hidup-hidup. Untuk itu sebagai sesama muslim wajib saling membantu.

“Sebagai sesama muslim kita tidak hanya dituntut rasa kemanusiaannya tapi juga rasa ukkuwah islamiyah. Muslim itu satu sama lainnya satu tubuh. Satu sakit yang lainnya juga sakit. Untuk itu mari bantu sesama,” ujarnya.

Disisi lain, Ustad Abdul Gaffar mengatakan dana kemanusiaan akan terus dikumpulkan sampai batas waktu tak ditentukan sampai muslim Rohingya bisa beribadah tenang dan khusuk. Penyaluran bantuan dana nanti akan berkordinasi dengan BSMI pusat.

Sementara itu  pengumpulan dana kemanusiaan Rohingya ini langsung mengalir dari sejumlah pengurus BSMi yang hadir dan pihak lain. Dari anggota IDI Bengkalis menyumbang Rp 10 juta, organisasi IDI Rp 5 juta, RS Permata Hati Rp 5 juta dan para pengurus BSMI yang hadir rata-rata menyumbang Rp 1 juta hingga Rp 2 juta. Hingga tahap awal ini terkumpul dana Rp 38 juta.

“Mudah-mudahan dana yang terkumpul lebih besar lagi seperti kita mengumpulkan dana untuk Aceh dulu yang mencapai milyaran,” ujar dr Efriyanti yang memandu jalannya acara. (susi)