BENGKALIS – Mulai besok, Jum’at, 31 Agustus hingga Sabtu, 1 September 2018, sebanyak 220 Pengurus dan Kader PKK dari 11 Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis akan mengikuti Wirakarya (Jambore) Kader PKK tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2018.

Seluruh rangkaian kegiatan jamboree yang juga menjadi ajang seleksi untuk kegiatan serupa tingkat Provinsi Riau tahun 2018, bakal dipusatkan di Wisma Daerah Sri Mahkota Bengkalis.

Ketua pelaksana yang juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Yuhelmi, menjelaskan, pembukaan jambore tersebut akan dilaksanakan Jum’at malam di Balai Kerapatan Sri Mahkota.

“Insya Allah dan jika tidak ada perubahan, Wirakarya tersebut akan dibuka resmi oleh Bupati Bengkalis,” terang Yuhelmi, Kamis, 30 Agustus 2018.

Yuhelmi menjelaskan hal itu di sela-sela menghadiri acara pembukaan Rapat Kerja (Raker) TP PKK Kecamatan/Desa/Kelurahan tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2018, di Balai Kerapatan Sri Mahkota.
Katanya, selain untuk meningkatkan kemampuan Kader PKK sehingga menjadi kader yang handal dan profesional serta berdaya guna serta membangun semangat dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan wawasan, jambore tersebut memang merupakan persiapan untuk mengikuti Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi Riau tahun 2018.

Masih menurut Yuhelmi, ada
beberapa kegiatan lomba yang bakal ditaja dalam Wirakarya Kader PKK tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2018.

“Yakni, lomba Parade Devile, Pidato antar Ketua TP PKK Kecamatan, Penyuluhan Kader PKK, Peragaan Busana, Yel-Yel dan lomba Penampilan Busana,” ujarnya.

Khusus untuk lomba Penyuluhan Kader PKK, imbuhnya, hanya untuk Kelompok Kerja (Pokja) I dan III.
Untuk Pokja I tema yang diambil adalah PAAR (Pola Asuh Anak dan Remaja). Sedangkan Pokja III temanya dalah Hatinya PKK.

“Untuk Pokja I pesertanya Kader PKK dari Kecamatan Bukit Batu, Pinggir, Rupat, Bandar Laksamana, Bengkalis dan Bathin Solapan. Adapun Pokja III dari Siak Kecil, Bantan, Mandau, Rupat Utara dan Talang Muandau,” tambah Yuhelmi.

Ditajanya lomba penyuluhan hanya untuk Pokja I dan III, karena menurutnya, saat Jambore PKK tingkat Provinsi Riau, Kabupaten Bengkalis, hanya mengikuti lomba penyuluhan untuk Pokja I dan III.
“Sesuai sesuai surat TP PKK Provinsi Riau, pada saat jambore PPK tingkat Provinsi Riau tahun 2018, Kabupaten Bengkalis hanya mengikuti lomba penyuluhan di Pokja I dan III saja. Sedangkan Pokja II dan IV tidak ambil bagian,” jelasnya, seraya mengatakan jamboree serupa untuk tingkat Provinsi Riau dijadwalkan bakal digelar 13 September mendatang.

Sambung Yuhelmi, Kader PKK dari kecamatan manapun yang nantinya menang, dia akan mewakili Kabupaten Bengkalis untuk berkompetisi pada lomba serupa dengan kader PKK dari Pekanbaru, Kampar, Siak, Rokan Hilir dan Indragiri Hulu.

“Pada Jambore PKK tingkat Provinsi Riau, Kader PKK Kabupaten Bengkalis akan bersaing dengan kader PKK dari kelima daerah tersebut. Sebab pada jambore tingkat provinsi, untuk lomba Pokja I dan III peserta memang hanya Kabupaten Bengkalis dan kelima daerah tersebut. Sedangkan daerah lain di Pokja II dan IV,” rincinya.

Atas nama panitia pelaksana, Yuhelmi berharap masyarakat di kota Bengkalis dan sekitarnya, khususnya pengurus organisasi wanita dan kaum ibu, dapat ikut meramaikan kegiatan Wirakarya Kader PKK tingkat Kabupaten Bengkalis 2018 dengan datang ke Wisma Daerah Sri Mahkota.

“Seluruh kegiatan jambore ini terbuka untuk umum. Masyarakat boleh datang dan menyaksikannya,” ajaknya.(rls)