BENGKALIS (Riaulantang) – Terhitung Jum’at mendatang, 27 April 2018, jadwal keberangkatan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) lintas Air Putih (Kecamatan Bengkalis)-Sei Selari (Kecamatan Bukit Batu), Kabupaten Bengkalis, kembali mengalami perubahan.

Demikian dijelaskan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bengkalis, Djoko Edy Imhar, Senin siang, 23 April 2018.

Perubahan dimaksud guna memberi kesempatan kepada kru di setiap KMP maupun petugas pelayanan/staf Dishub di pelabuhan Air Putih maupun Sei Selari, khususnya mereka beragama Islam agar dapat menunaikan ‘fardhu ain’ yang selama ini kerab “dilalaikan”.

Padahal menunaikan sholat fardhu Jum’at dimaksud merupakan kewajiban dan sekaligus hak pribadi mereka masing-masing.

Dikatakan Djoko, jika 3 unit KMP yang dioperasikan (pola 3 kapal yang beroperasi), untuk reguler (Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu dan Ahad), pelayanan yang dilakukan sebanyak 17 trip. Sedangkan untuk Jum’at hanya 15 trip.

 Pengurangan menjadi 15 trip pada hari Jum’at disebabkan waktu untuk pelayanan trip ke-5 dan ke-6 diberikan kepada kru KMP maupun petugas pelayanan di pelabuhan Air Putih atau Sei Selari agar mereka dapat menunaikan sholat fardhu Jum’at.

 Dalam pola reguler dengan 3 unit KMP yang dioperasikan, imbuhnya, trip pertama dari Air Putih pukul 06.30 WIB, sedangkan yang terakhir pukul 22.30 WIB. Sementara dari Sei Selari trip pertama pukul 07.00 WIB dan terakhir pukul 23.30 WIB.

 “Pada hari Jum’at, khusus dari Sei Selari, untuk trip ke-6 pukul 12.00 WIB hanya buat angkutan Bahan Bakar Minyak (BBM). Bukan untuk penumpang umum,” papar Joko melalui Kepala Bidang Pelayaran Dishub, Zul Asri.

 Masih menurut Djoko, untuk setiap Jum’at dengan pola 3 unit KMP yang beroperasi, trip ke-4, baik dari Air Putih maupun Sei Selari, sama-sama pukul 11.00 WIB. Sedangkan trip ke-6 waktunya sama dengan trip ke-8 pada pelayanan reguler.

Sementara untuk pelayanan reguler dengan 4 KMP yang beroperasi, sambung mantan Camat Mandau ini, jumlah pelayanan penyeberangan setiap harinya sebanyak 22 trip (lihat jadwal).

 “Sedangkan hari Jum’at hanya berkurang 1 trip, yaitu trip ke-7. Pada hari Jum’at dengan 4 KMP beroperasi, trip ke-6 dan ke-8, baik dari Air Putih maupun Sei Selari, masing-masing pukul 11.00 WIB dan 13.00 WIB,” terangnya.

 Menurut Djoko, khusus angkutan BBM dari Sei Selari untuk pelayanan reguler dengan 4 KMP beroperasi, yaitu pukul 12.30 WIB. Sedangkan di hari Jum’at pukul 15.00 WIB.

 Di bagian lain, Djoko mengingatkan para pengguna jasa penyeberangan pelabuhan Air Putih maupun Sei Selari, bahwa jadwal yang telah disusun Dishub tersebut sewaktu-waktu bisa berubah.

 “Misalnya, karena cuaca kurang baik atau kapal trouble (mengalami kerusakan),” tutup Djoko.(rls)