DURI (Riaulantang)- Kegiatan Kamis bersih yang diprakarsai Camat Mandau, Riki Rihardi, Kamis pagi (02/08/17) mendapat apresiasi warga yang berada di tiga titik yang dibersihkan. Warga berharap kegiatan yang melibatkan ratusan pegawai dan honorer di lingkungan pemerintah Kecamatan Mandau itu  berkelanjutan dan bisa memberi contoh kepada warga untuk tak membuang sampah sembarangan.
“Kita apresiasi kegiatan pagi ini. Apalagi langsung di pimpin Camat. Daerah yang biasanya kotor dan penuh tumpukkan sampah, hari ini seketika bersih. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa memberi motivasi bagi warga agar tak lagi membuang sampah di daerah ini,” ujar  Kuri warga Pematang Pudu.
Kuri yang juga Ketua RW 1 Pematang Pudu ini menyambut baik pembersihan sampah di Simpang Rangau yang diprakarsai Camat Mandau ini. Lokasi  yang menjadi gerbang masuk Kelurahan Pematang Pudu ini sangat tak layak di jadikan tempat tumpukkan sampah. Makanya dia dan sejumlah RW di kelurahan Pematang Pudu turun tangan mendukung kegiatan pembersihan yang diprakarsai Camat ini.
“Daerah ini sudah bersih. Nanti warga seenaknya buang sampah lagi. Makanya kita harap ada sangsi warga yang tak peduli dan masih buang sampah sembarangan ini pak,” ujar Kuri ke Camat Mandau yang berada di lokasi pembersihan.
Menanggapi permintaan warga ini, Camat Riki menjelaskan bahwa pihaknya serius menangani masalah tumpukkan sampah diperkotaan ini. Untuk itu kedepan akan dibentuk satgas pemantauan sampah yang memantau titik-titik rawan pembuangan sampah.
“Kita akan bentuk satgas agar warga tak lagi membuang sampah di pinggir jalan. Untuk sangsi segera kita bicarakan lebih lanjut agar warga lebih peduli dan sadar dengan kebersihan lingkungannnya,” ujar Riki.
Mengingat tumpukkan sampah  di Simpang Jalan Rangau berada di areal CPI, Riki juga berharap  kepedulian dari pihak PT CPI untuk merapikan dan menata keindahan di kawasannya. Jika memungkinkan pihaknya juga berharap lokasi itu bisa dijadikan taman hingga warga tak lagi membuang sampah di areal itu.
“Kita harap juga kepedulian Chevron untuk menjaga kebersihan di areanya ini. Jika memungkinkan jadikan areal ini menjadi semacam taman hingga daerah ini bersih dan warga tak lagi buang sampah disini,” harap Riki. (susi)