BENGKALIS (Riaulantang) – Untuk membantu korban bencana tsunami Banten dan Lampung yang terjadi, Sabtu, 22 Desember 2018, Pegawai Pemkab Bengkalis berhasil kumpulkan dana Rp35 Juta.

Penggalangan dana dengan menjalankan 4 buah kotak dilaksanakan usai pelaksanaan apel bersama pertama pegawai Pemkab Bengkalis di halaman kantor Bupati Bengkalis, Senin, 2 Januari 2019.
Apel bersama pertama dihari pertama masuk kerja di tahun 2019 yang dihadiri tidak kurang dari 99 pegawai di Pemkab Bengkalis itu dipimpin Sekretaris Daerah H Bustami HY.

Awalnya dana yang terhimpun melalui 4 kotak tersebut hanya Rp34.975.000. Namun karena angkanya “tidak cantik”, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Arman AA kembali membuka dompet. Menggenapkannya menjadi Rp35 juta.

“Biar genap Rp35 juta. Biar angkanya “cantik”,” ujar Arman yang langsung diapresiasi Sekretaris Daerah.

Sebagai bentuk transparansi, uang yang disumbangkan secara sukarela dari para pegawai yang mengikuti apel bersama pertama di tahun 2019 langsung dihitung di lapangan kantor Bupati Bengkalis.

Bustami HY langsung memimpin penghitungan dimaksud.
Bersama sejumlah pegawai dan petugas pemungut sumbangan, sejumlah pejabat terlihat membantu Sekretaris Daerah menghitung sumbang tersebut.

Selain Arman, ikut mendampingi Sekretaris Daerah, diantaranya Kepala Dinas PMD Yuhelmi, Kadis Budparpora H Anharizal, Plt Kadis Sosial Hj Martini, Plt Kadis Kominfo Johansyah Syafri, Kabag Umum H Alfakrullazy dan Kabag Humas H M Fadli.

Usai dihitung, termasuk dihitung ulang, sumbangan yang terkumpul tersebut langsung diserahkan ke Plt Kadis Sosial untuk dihimpun dengan sumbangan serupa.

Misalnya dengan bantuan yang terkumpul saat malam tausiah, pengumpulan dana dana tsunami selat Sunda di Provinsi Banten dan Lampung serta hiburan rakyat yang ditaja Pemkab Bengkalis, Selasa malam, 31 Desember 2018 di Kecamatan Bathin Solapan yang berjumlah Rp21.684.700.

“Dana yang kita himpun Rp35 juta itu belum termasuk dari pihak kecamatan. Hari ini juga, selain apel bersama seperti ini, di setiap kecamatan juga dilakukan penggalangan dana bantuan serupa,” jelas Bustami.

Atas nama Pemkab Bengkalis, khususnya Bupati Amril Mukminin, Bustami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pegawai yang sudah mau berbagi untuk membantu korban tsunami selat Sunda di Banten dan Lampung.

“Semoga setiap sumbangan yang didonasikan berapapun jumlahnya bernilai ibadah dan dicatat Allah SWT., Tuhan Yang Masa Esa sebagai pahala serta mendapat balasan kebaikan yang berlipat ganda,” ujar Bustami, meneruskan pesan Bupati Amril.(dwi)