BENGKALIS (Riaulantang) – Untuk meningkatkan pelayanan jasa penyeberangan roro Air Putih–Sungai Selari, terutama saat liburan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah, Dinas Perhubungan (Dishub) Bengkalis akan menambah armada menjadi 6 unit.  

“Guna  mengantisipasi penumpukan antrean kendaraan pada Lebaran 2018 mendatang, kami akan menambah jumlah armada dari 4 unit menjadi 6 unit. Langkah ini, untuk memberikan pelayanan prima kepada pengguna jasa roro penyeberangan,” ungkap Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Bengkalis Joko Edi Imhar, Kamis 19 April 2018, saat memberikan pengarahan usia senam di Lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Terkait dengan kurang maksimalnya pelayanan penyebarangan roro akibat ada salah satu armada yang docking, Plt Kepala Dishub, minta kepada pengguna jasa roro untuk bisa memaklumi dan lebih bersabar.

Beberapa pekan ini, jumlah armada roro penyebarangan Air Putih-Sungai Selari, berkurang satu unit karena harus didocking, sehingga penyebarangan dilayani 3 armada. Akibatnya terjadi penumpukan antrean kendaraan, di pelabuhan penyeberangan roro Air Putih maupun Sungai Selari, terutama pada hari-hari menjelang akhir pekan.

Pelaksanaan docking armada roro ini, selain merupakan prosedur tetap, juga sebagai antisipasi menghadapi bulan suci Ramadhan maupun Lebaran Idul Fitri 2018. Mengingat, menghadap hari besar keagamaan, jumlah jasa penyeberangan roro akan bertambah signifikan.

“Kita berharap dengan docking lebih awal, maka pada saat lonjakan penumpang, tidak ada masalah lagi. Untuk mengantisipasinya, kita telah menyiapkan penambahan jumlah armada roro dua unit,” ungkap Joko.

Pihak Dishub Bengkalis menargetkan pada akhir bulan April 2018 docking armada roro  selesai, sehingga pada bulan Mei mendatang pelayanan penyerangan kembali normal sebagaimana biasanya.

Untuk menghindari penumpukan antrean kendaraan milik warga yang ingin menikmati liburan Lebaran ke Pantai Selatbaru, Kecamatan Bantan, pihak Dishub akan menyiapkan armada bus.  Fasilitas armada bus gratis ini, disiapkan dari pelabuhan roro Air Putih, Kecamatan Bengkalis menuju Pantai Selatbaru.

“Bagi warga yang ingin berliburan di Pantai Selatbaru, tak harus menyebarangkan kendarannya, tapi cukup menitipkan kendaraannya di lokasi parkir yang ada di pelabuhan roro Sei Selari, Kecamatan Bukit Batu,” jelas Joko Edi Imhar.(rls)