DURI (Riaulantang)- Awasi anak jika bermain, terutama jika bermain api. Silaf sedikit saja, api bisa membakar apa saja, termasuk rumah yang dihuni. Seperti yang terjadi di Jalan Karang Anyer1 RT 05 RW 03 keluarahan Air Jamban Kecamatan Mandau, Rabu sore (20/09/19) sekira pukul 16.57 WIB. Karena anak bermain lilin di atas kasur, rumah milik Suwandi (37) itu nyaris habis terbakar. Untung warga dan pemadam kebakaran cepat turun tangan hingga api berhasil dijinakkan dan hanya membakar bagian kamar saja.

Rudi warga setempat mengatakan sore itu anak korban Irul bermain lilin di atas kasur. Diduga lilin terjatuh dan membakar kasur tempat bermain. Api dan asap tebal langsung membumbung tinggi.

Panik, pihak keluarga pun menyerit minta tolong. Tetangga dengan cepat memberikan pertolongan. Upaya pemadam kebakaran manual segera dilakukan.

Ditengah upaya itu, warga juga langsung menghubungi tim pemadam kebakaran Kecamatan Mandau yang base campnya tak jauh dari TKP. Tim damkar langsung turun dan api dengan cepat bisa dijinakkan.

“Kebakaran terjadi sekitar pukul 16.57 WIB dan api berhasil dipadamkan sekitar pukul 17.35 WIB. Penyebabnya karema anak yang main lilin di kasur. Yang terbakar hanya kasur dan kamar saja karena masyarakatnya cepat memadamkan secara manual dan cepat menelpon damkar. Jadi  rumah nya terselamatkan,” jelas Danru Damkar Mandau, Jefrianto. (bambang)