BENGKALIS (Riaulantang)- Sedikitnya 404 anggota Polres Bengkalis diterjunkan untuk mengamankan jalannya pemungutan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Riau tahun 2018 di sejumlah TPS yang tersebar di kabupaten Bengkalis. Apel pergeseran pasukan yang dipimpin Kapolres Bengkalis AKBP Yusup Rahmanto, digelar di halaman Polres Bengkalis,

Senin (25/06/18).

Pergeseran petugas Polisi itu dilakukan mulai hari ini untuk memastikan Pilgub Provinsi Riau berjalan aman dan damai, hingga hari H pada Rabu 27 Juni 2018 mendatang.

“Hari ini kita lakukan apel pergeseran pasukan, untuk wilayah kita di Polres Bengkalis itu ada 1.178 TPS. Kemudian personel yang kita siapkan untuk PAM (pengaaman) TPS itu ada 404 personel,”kata Kapolres Bengkalis AKBP Yusup Rahmanto usai memimpin apel kepada sejumlah wartawan.

Diutarakan Kapolres, ratusan pasukan yang diterjunkan merupakan anggota Personel Kepolisian yang khusus bertugas untuk mengamankan di setiap TPS-TPS.

“Jumlah 404 itu khusus untuk PAM TPS, ada juga yang bertugas pada kegiatan lain termasuk untuk pengamanan logistik dan anggota yang standby memonitor situasi di lapangan,”ujarnya.

Kapolres menerapkan tiga pola dalam pengamanan Pilgub Riau di Kabupaten Bengkalis. Diantaranya pola aman, rawan 1 dan rawan 2.

Pola aman itu, lanjutnya, dengan komposisi personel 2,8,16. 2 personel polisi, 8 TLS dan 16 Linmas. Pola rawan 1 itu 2,4,8. Dua personel Polisi 4 TPS dan 8 Linmas.

Kemudian rawan 2 yaitu pola 212. Dua perosnel Polisi 1 TPS dan 2 Linmas.

Selain itu, Yusup Rahmanto juga menegaskan bahwa personel Polisi selalu melekat untuk pengamanan khususnya pengamanan pada pendistribusian logistik.(dwi)