Para Pengawas TPS ini akan disiagakan di 1178 TPS yang tersebar di 11 kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis Riau.

Ketua Panwaslu Kabupaten Bengkalis Mukhlasin, Senin (04/06/18) mengatakan para Pengawas TPS yang sebelumnya direkrut oleh Pengawas Pemilihan Umum di 11 Kecamatan, mulai Ahad telah dilakukan proses pelantikan dan pengambilan sumpah.

“Ahad (3/6) kemaren teman-teman Panwaslu di seluruh Kecamatan sudah mulai melakukan pelantikan terhadap pengawasan TPS ini. Kendati demikian ada sejumlah kecamatan yang pelantikannya dilaksanakan hari ini,”ungkap Mukhlasin.

Pria yang pernah menjabat sebagai ketua dan anggota Panwaslu Kecamatan Bantan ini, kembali menegaskan dengan dilantiknya ribuan Pengawas TPS di Kabupaten Bengkalis ini, pihaknya berharap agar para Pengawas TPS benar-benar dapat menjalankan amanah, tugas dan tanggungjawab yang telah diberikan.

“Kita menghimbau agar rekan-rekan Pengawas TPS mampu bekerja secara profesional dan menjunjung tinggi netralitas Pengawas Pemilu. Mereka juga diharapkan untuk tidak memihak kepada salah satu pasangan calon dan golongan tertentu,”ujar Mukhlasin berpesan.

Mukhlasin juga turut meminta agar para Pengawas TPS menjalankan tugas pokok sesuai fungsinya sebagai pengawas agar pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur berjalan sukses dan menghasilkan kepala daerah murni sebagai pilihan masyarakat.

“Para Pengawas TPS yang dilantik ini akan bertugas selama satu bulan. Mereka akan mengawasi proses pemungutan dan penghitungan suara, termasuk menjalankan tugas dan tanggungjawab lain sesuai peraturan dan perundangan-undangan yang berlaku,”tambahnya.
(dwi)