BAGANSIAPIAPI (Riaulantang)-Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Rokan Hilir, melanjutkan program Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Dumai, Rohil, Bengkalis (Durolis).
Pembangunan SPAM Regional merupakan bukti dan keseriusan Pemerintah Rokan Hilir, dan sesuai dengan apa yang telah di sepakati bersama dengan Kementerian PUPR RI beberapa waktu lalu.

Pemda Rokan Hilir telah menyiapkan sedikitnya Rp 34 miliyar dana dari APBD d untuk pelaksanaan pembangunan tahap I dari IV tahap yang direncanakan untuk pemasangan Jaringan Distribusi Pembagi (DJP) sambungan ke rumah-rumah masyarakat.

Pemasangan Jaringan Distribusi Pembagi (DJP) sambungan dari rumah ke rumah masyarakat untuk tiga kecamatan, yakni kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, kecamatan Bangko Pusako, dan kecamatan Rimba Melintang saat ini kegiatannya sedang berjalan.

“Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Durolis ini merupakan salah satu komitmen pemerintah daerah, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat untuk peningkatan pelayanan dasar publik yakni pelayanan di bidang air bersih bagi masyarakat, “ kata Kadis PUTR Rohil, Jon Syafrindow melaui Kabid Cipta Karya dan Jasa Konstruksi, Juwarto,ST,MSi, Selasa-(7/8/2018)

Pelaksanaan pemasangan jaringan distribusi (JDP) sambungan dari rumah ke rumah masyarakat, kata Juwarto saat ini proses pengerjaannya sedang berjalan, di kerjakan oleh masing-masing rekanan kontraktor pemenang tender.

“Pelaksanaan pemasangan sambungan Jaringan Distribusi Pembagi (JDP) untuk kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan itu dilaksanakan oleh PT.LIMAR BAYU UTAMA dengan anggaran Rp. 6. Miliyar lebih, dan Pelaksanaan pengerjaan pemasangan Jaringan Distribusi Pembagi (JDP) untuk Kecamatan Rimba Melintang itu dilaksanakan oleh PT. MULTI GLOBAL KONSTRINDO dengan anggaran Rp.12,5 miliyar lebih.

Pemasangan Jaringan Distribusi Pembagi (JDP) untuk kecamatan Bangko Pusako dilaksanakan oleh PT. KHARISMA BINA KONTRUKSI dengan anggaran Rp. 15,7 miliyar lebih,” Jelas Juwarto.

SPAM Durolis ini, tidak hanya dibangun melalui APBD Kabupaten/Kota saja, juga melalui anggran APBD propinsi, dan APBN. Dapat dijelaskan, untuk pembangunan Jaringan Distribusi Utama (JDU ) di laksanakan oleh pemerintah propinsi dengan anggaran 69 miliyar, sedangkan pembangunan Instlasi Pengolahan Air (IPA) di bangun oleh Direktorat Sumber Daya Air Kementerian PUPR dengan anggaran 26 miliyar,” kata Juwarto.

Pihaknya optimis dalam waktu empat bulan kedepan pengerjaan jaringan pipa di tiga kecamatan sudah bisa rampung dikerjakan dan dilanjutkan nanti untuk tahapan berikutnya, pemasangan Jaringan Distribusi Utama (JDU) dan pemasangan Distribusi Jaringan Pembagi (DJP) mengarah ke kecamatan Batu Hampar dan kecamatan Bangko Ibu Kota Kabupaten Rokan Hilir.

“Target kita, pelaksanaan program SPAM Regional Durolis di Rokan Hilir ini dapat dijadikan sebagai percontohan untuk seluruh indonesia, yang mungkin akan diresmikan langsung oleh bapak Presiden Jokowi” Pungkasnya. (Jon)