DURI (Riaulantang) – 40 penghafal Al-Qur’an 30 Juz se-Kabupaten Bengkalis, mengikuti seleksi guna mendapatkan reward dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis, tahun 2018.
Seleksi yang digelar di Masjid Besar Arrafah Duri, ini berlangsung selama empat hari, mulai tanggal 26 hingga 29 Desember 2018 mendatang. Dua penguji dari Pekanbaru dan 1 dari Jakarta didatangkan untuk seleksi itu.

“Kegiatan ini diselenggarakan dengan bangak harapan. Pertama, sesuai keinginan Bupati ingin menjemput keberkahan untuk negeri ini. Lewat pemberian apresiasi kepada penghafal 30 juz Al-Qur’an,” tutur Ketua Panitia kegiatan seleksi Penghafal Al-Qur’an, H Abi Bahrun, S.S M.Si di Masjid Besar Arrafah Duri, Kamis, (27/12/18).

Kedua jelas Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Bengkalis ini pemberian apresiasi ini agar seluruh penghafal 30 juz Al-Qur’an dapat terus termotivasi dan tetap menjaga hafalannya.

“Disamping itu, Bupati juga menginginkan seluruh masyarakat muslim Kabupaten Bengkalis termotivasi dengan agenda yang Insya Allah akan dilaksanakan setiap tahun ini. Sehingga banyak muncul penghafal-penghafal atau pemelihara-pemelihara Al-Qur’an baik mulai dari anak-anak sampai dewasa di negeri ini,” ucapnya.

Abi Bahrum menjelaskan dalam seleksi pemberian reward tahun ini memang dilakukan seperti pertandingan tahfidz al-qur’an pada pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an.

“Namun kedepan kita akan lakukan penyeleksian penghafal 30 juz Al-Qur’an dengan menyetor 30 juz hafalannya dihadapan tim penguji,” katanya.

Tahun ini, misi pemerintah ingin mengetahui atau mengumpulkan penghafal qur’an di Kabupaten Bengkalis, dengan metode pemberian reward berdasarkan nilai dari hasil penampilan penghafal yang dinilai dari tim.

Ada beberapa kategori dalam pemberian reward ini, ungkapnya, jika peserta yang mendapatkan nilai dari tim seleksi berkisar dari 90-100 atau dengan bahasa lain mumtadz, akan mendapatkan penghargaan khusus. Begitu juga dengan yang memperoleh nilai 80-89, akan mendapat penghargaan tersendiri. Sedangkan di bawahnya juga mendapat penghargaan tersendiri.

Atas nama Anggota DPRD Bengkalis, Abi Bahrun juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis, khususnya Bupati Bengkalis Amril Mukminin, yang telah berkenan melakukan kegiatan pemberian rewardkepada penghafal 30 juz di negeri ini.(susi)