PINGGIR (Riaulantang) — Bupati Bengkalis Amril Mukminin beserta unit kerja terkait, terus berupaya agar jumlah masyarakat yang belum bisa menikmati listrik di daerah ini kian hari jumlahnya terus menyusut.

Upaya dimaksud tidak terkecuali juga diperuntukkan buat mereka yang belum bisa menikmatinya disebabkan sulit dilayani listrik PLN akibat lokasinya yang sangat jauh di pedalaman atau terisolir dan penduduknya tersebar.

Caranya, diantaranya dengan “menjemput kue pembangunan” yang dilaksanakan Pemerintah Pusat melalui program Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang dilakukan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), sehingga juga dapat dinikmati masyarakat di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.

Hasilnya, Senin, 3 September 2018, bertempat di kantor Camat Talang Muandau, jalan Jend Sudirman Rt 02/RW 01 Desa Beringin, Bupati Amril secara simbolis menyerahkan peralatan PLTS kepada warga di 3 desa di kecamatan tersebut.

Penyerahan tersebut dilakukan Bupati Amril dengan didampingi Supervisor pemasangan PLTS dari Kementerian ESDM, Untung, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, H Heri Indra Putra, Camat Talang Muandau dan Kabag Perekonomian dan Pembangunan, Darmanto.
Selain mengucapkan terima kasih kepada Kementerian ESDM, kepada Untung, Bupati Amril minta pemasangan PLTS tersebut dilakukan dengan sempurna, sehingga benar-benar fungsional dan dapat dinikmati para penerimanya dengan baik.

Sementara itu, kepada masing-masing Kepala Desa yang menerima penyerahan simbolis itu, Bupati Amril menitip pesan kepada para kepala keluarga yang mendapat program dari Kementerian ESDM untuk menjaganya dengan baik. Sehingga bisa fungsional dalam waktu yang lama.

“Selain itu, bantuan seperti ini tidak bisa terus-terusan dilakukan pemerintah. Karena itu mesti dijaga dengan baik,” harap Bupati Amril.

Usai penyerahan, Darmanto menjelaskan, ketiga desa yang menerima program Kementerian ESDM itu adalah Tasik Serai sebanyak 119 KK, Tebing Tasik Serai berjumlah 67 KK dan Koto Pait Beringin 60 KK.

“Total keseluruhan KK penerima bantuan PLTS program Kementerian ESDM untuk ketiga itu sebanyak 246 KK,” ujarnya.(rls)