DURI (Riaulantang) –  Warga Lintas Duri-Dumai, Kulim KM 8, Kecamatan Bathin Solapan, menemukan  jajanan keripik pisang yang jika dibakar bisa menyalakan api. Diduga jajanan yang  dititip diwarungnya itu di goreng mengunakan lilin.

Kepada Riaulantang.com, Kamis (21/12/17) pemilik kedai yang enggan disebut identitasnya menjelaskan kecurigaan terhadap jajajan yang dititip dikedai milik orang tuanya itu terungkap ketika orang tuanya hendak mencoba jajanan itu. Ketika dimakan, jajanan itu dirasa beda dengan jajanan keripik pisang yang biasa dimakan. Akhirnya diambil inisiatif untuk membakar jajanan itu. Ternyata api menyala di keripik pisang yang dibakar.

“Dicoba bapak, kok rasanya beda. Penasaran dicoba lagi sama adik saya rasanya juga gak karuan. Dapat dilihat semacam gumpalan putih sebentuk garam. Tapi dicoba tidak ada rasa dan tidak terasa,”ujarnya.

Dikatakannya, pihak keluarga semakin penasaran dan diputuskan untuk dibakar kerupuk pisang tersebut.  Melihat benda ini bisa terbakar dan meneteskan semacam minyak cairan lilin, membuat keluarga semakin percaya ada indikasi menggunakan lilin. “Awalnya karena rasa yang beda makanya diputuskan untuk dibakar. Rupanya ada indikasi kuat menggunakan lilin,”jelasnya lagi

Menurutnya, baru sekarang-sekarang terjadi hal ini, sebelumnya hampir dua tahun ibuk tersebut nitip dagangannya tidak ada bermasalah. “Kita kaget mrnemukan ini. Kalau seandainya memang benar menggunakan lilin, itu sudah jelas merusak kesehatan bagi yang mengkonsumsinya,” pungkasnya.

Dengan indikasi temukan keluarganya ini, pihak berharap masyarakat lebih waspada dalam membeli jajanan. Teliti sebelum membeli atau mengkonsumsi jajanan. (bambang)