Suasana pencoblosan di TPS 070 Air Jamban

DURI (Riaulantang)- Antusias masyarakat menggunakan hak pilih pada hari pemungutan suara Pemilu 2019, Rabu (17/04/19) cukup tinggi. Sejak pukul 07.00 WIB warga sudah mendatangi TPS-TPS untuk mengunakan hak pilihnya. Warga pun tak keberatan untuk antrian menunggu giliran pencoblosan.

Seperti terpantau di TPS 70 Jalan Stadion Kelurahan Air Jamban. Warga silih berganti mendatangi TPS untuk mengunakan hak pilihnya. Mereka kebanyakan datang dengan membawa anggota keluarga. Ada yang datang istri dengan suami, ibu dan anak, bahkan suami istri dan anak yang sudah mempunyai hak pilih.

Seperti disampaikan Yusri yang datang dengan istri dan anak lelakinya. Keluaga ini tak ingin kehilangan hak pilih, hingga berkeras membawa anaknya yang merupakan pemilih pemula.

“Anak saya kuliah di Pekanbaru. Kemaren dia pulang, pagi ini kami ajak biar sama-sama mengunakan hak pilih. Sayang kalau hilang suara 1,” ujarnya.

Senada Aye, warga Stadion lain juga datang ke TPS dengan suami dan anaknya. Dia antusias datang ke TPS karena anaknya yang pemilih pemuda ditunjuk saksi di TPS lain.

“Pagi kami sudah datang. Sudah antrian. Tapi biarlah, yang penting bisa mengunakan hak pilih,” ujarnya.

Sementara itu momen antrian pencoblosan di gunakan warga untuk bersilaturrahmi. Mereka yang jarang bertemu lantaran kesibukan memanfaatkan moment ini untuk bercerita dan berbagi informasi. Antrian yang agak lama tak masalah bagi mereka karena bisa “ngerumpi”.

“Jarang ketemu, disini ketemunya. Makanya bisa silaturrahmi sambil ngerumpi,” ujar Meli warga lain.

Sementara itu KPPS 070 Air Jamban, Romi Hidayat mengakui tinggginya antusias warga pada Pemilu serentak tahun 2019 ini.

” Antusias warga cukup tinggi. Dari 268 DPT sudah 60 an yang mengunakan hak pilihnya pada pukul 09.15 ini,” jelas Romi.

Pantauan di seputaran Duri, antusias warga terlihat di sejumlah TPS yang berada di Jalan-Jalan Utama dan Jalan Alternatif. Seperti di TPS 107 Jalan desa Harapan dan TPS 4 Duri Barat yang disesaki warga.

“Saya sempat ribut dengan petugas TPS hanya karena mempertanyakan undangan yang tak pernah sampai ke saya. Ini saya pertanyakan karena saya warga lama namun tak di kasi undangan. Setelah ribut baru bisa gunakan hak pilih,” ujar Asrizal warga yang mencoblos di TPS 04 Duri Barat.(susi)