PINGGIR (Riaulantang)– Sesuai agenda pada Rabu 31 Oktober 2018, masyarakat dari 31 desa yang tersebar di sepuluh kecamatan se-Kabupaten Bengkalis melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Bupati Bengkalis Amril
Mukminin minta kepada seluruh masyarakat yang melaksanakan pesta demokrasi tingkat desa agar tetap menjaga kekompakan dan persatuan.

“Usai Pilkades, kami harapkan agar masyarakat tetap bersatu. Jangan terjadi gap-gap, hargai perbedaan pilihan,” ujarnya saat meninjau TPS 10 Desa Balai Makam Kecamatan Bathin Solapan.

Dikatakan mantan Kepala Desa Muara Basung ini, pada alam demokrasi, perbedaan pilihan terhadap kandidat pada Pilkades, merupakan hal yang wajar dan lumrah. Jadi setiap orang harus bisa menghargai setiap berbedaan, namun harus tetap dalam kerangka persatuan dan kesatuan, demi kemajuan desa, daerah dan negara.

Bupati juga berpesan kepada calon kepala desa yang nantinya diberi kepercayaan oleh masyarakat, jangan sampai tepuk dada. Hendaknya bisa merangkul seluruh elemen masyarakat, termasuk calon kepala desa yang kalah.

“Hendaknya setelah pilkades ini kembali seperti biasa. Yang menang jangan tepuk ada, begitu juga yang kalah hendaknya bisa melapangkan dada,” ungkap Amril Mukminin.

Amril mengatakan setelah Pilkades ini, tugas berat akan menanti seorang kepala desa dan seluruh masyarakat membangun desa agar lebih maju lagi. Untuk itu, seluruh elemen masyarakat desa, termasuk kepala desa terpilih tetap agar terus membangun semangat kebersamaan dan persatuan.

Sesuai rencana, proses pelantikan terhadap kepala desa terpilih, akan dilakukan pada bulan Desember 2018.(bambang)