DURI (Riaulantang)– Untuk menumbuhkan kreativitas pada anak, Forum Anak Kecamatan Pinggir (FAN GIR) telah mengelar kegiatan Sekolah Bermain Anak. Untuk tahap awal kegiatan ini dilaksanakan di Pendidikan Diniyah Takmaliyah Awaliyah Al Irsyad Surinama.

“Alhamdulillah, sejumlah FAN di kecamatan telah aktif menjalankan kegiatan. Salah satunya FAN GIR baru-baru membuat kegiatan bagi anak-anak di Kelurahan Titian Antui,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindugan Anak (DPP PA) melalui Kepala Bidang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak, Wasiah, Jumat (15/9/2017).

Dikatakan Wasiah, dari kegiatan tersebut, pihak FAN GIR akan secara rutin melaksanakan kegiatan untuk merangsang anak-anak di wilayah tersebut. Tidak hanya pada level anak-anak usia Taman Kanak-Kanak namun sampai ke jenjang SMP.

Maksud dari sekolah bermain, bukan berarti sekolah sambil bermain-main. Namun konsep tersebut, kata Wasiah, sebagai kegiatan untuk menggairahkan kembali kegiatan tradisional di sekolah. Mulai dari patok lele, engklek, lompat karet, bola batu, congklak dan lainnya.

Terlebih pada peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Kabupaten Bengkalis belum lama ini, Bupati Bengkalis Amril Mukminin, menghimbau agar seluruh stakeholder di kecamatan hingga desa, untuk menggelorakan permainan tradisional.

Dikatakan Wasiah, pada kegiatan FAN GIR tersebut, juga memperkenalkan lagu-lagu anak bagi peserta. Mengingat, saat ini nak-anak mulai melupakan lagu-lagu anak yang seharusnya lebih mereka kenali. Mirisnya, banyak dari mereka yang ternyata lebih sering mendendangkan lagu-lagu dewasa yang tidak seharusnya dinyanyikan oleh anak-anak seumuran mereka yaitu usia TK, SD, maupun SMP.

Pada kesempatan terpisah, sebelumnya perwakilan Forum Anak Kabupaten Bengkalis (FAN BENG) pada akhir Agustus lalu, atas nama Hafizhatul Afifah (Kecamatan Pinggir), Firdaus (Kecamatan Bantan), dan Muhammad Habib (Kecamatan Rupat) ikut serta dalam kegiatan TOT (Training Of Trainer) fasilitator Forum Anak Riau (FAR).

Setelah mengikuti kegiatan selama tiga hari, delegasu dari FANBENG atas nama Hafizhatul Afifah dari Kecamatan Pinggir masuk sepuluh besar trainer terbaik. “Tentu kita memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas keberhasilan ini. Semoga pencapaian ini menjadi salah satu pemicu bagi pengurus FAN di seluruh kecamatan untuk terus aktif dalam memajukan dunia anak-anak,” ujar Wasiah.(rls)