DURI (Riaulantang)- Kerusakan Jalan Talang Pancah desa Buluh Manis Kecamatan Bathin Solapan menjadi salah satu tujuan rangkaian kunjungan kerja Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Senin (14/10/19). Usai meninjau kondisi Jalan Tegar yang tak bisa diaspal lantaran masuk areal PT CPI, bupati langsung tancap gas menuju jalan Talang Pancah yang hanya berjarak beberapa kilo dari Jalan Tegar.

Masuk ke badan jalan yang dikeluhkan warga itu ternyata kondisinya memang rusak. Badan jalan yang masih jalan tanah itu becek dan berkubang. Kendaraan pun agak sukar melewati badan jalan yang becek dan licin itu.

Dipertengahan jalan yang becek, rombongan bupati ditunggu Kades Buluh Manis Legimun. Didampingi Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Kasmarni, Bupati Amril Mukminin menerima laporan sekaligus keluh kesah dari Kepala Desa Buluh Manis Legimun.

Menurut Kades Legimun , jalan poros yang rusak sepanjang 6 kilometer itu membentang di Jalan Talang Pancah 3 km dan Jalan Baiduri sepanjang 3 km.

“Jalan ini terdiri dari dua nama (Talang Pancah dan Baiduri),” ungkapnya.

Jalan poros yakni Jalan Talang Pancah dan Baiduri, merupakan jalur urat nadi bagi transportasi masyarakat. Selain dilalui warga, juga merupakan jalur untuk mengangkut hasil perkebunan sawit milik warga.

“Jika musim hujan, jalan akan rusak parah, sehingga sulit dilalui warga. Sebaliknya kalau musim kemarau, jalan akan berdebu. Atas dasar itu, kami mewakili masyarakat, mohon kepada Bupati Bengkalis untuk dapat membangun jalan ini, minimal diberi base terlebih dahulu,” ungkap Legimun.

Menanggapi aspirasi dari warga Desa Buluh Manis Kecamatan Bathin Solapan, Bupati Bengkalis Amril Mukminin, langsung memanggil Kepala Dinas PUPR Hadi Prasetyo, agar memasukkan ke program kerja Pemerintah Kabupaten Bengkalis pada tahun anggaran 2020 mendatang.

Menurut Bupati Bengkalis Amril Mukminin, setiap aspirasi masyarakat harus ditampung, apalagi terkait dengan kemaslahatan orang banyak seperti infrastruktur dasar seperti jalan.

Kemudian, setiap usulan masyarakat dibahas di level kabupaten, dibahas untuk perencanaan akan datang.

“Insyaallah, selagi memungkinkan kita akan merespon keluhan yang disampaikan masyarakat Desa Buluh Manis. Untuk tahap awal, diberi base jalan, agar badan jalan bisa kuat,” ungkap Amril sembari berjalan menyusuri badan jalan yang rusak menuju alat berat yang tengah beroperasi meratakan badan jalan itu. (bambang)