Goro warga Tegal Sari bersama anggota DPRD Syaiful Ardi (kaos biru)

DURI (Riaulantang)- Keaktifan warga Tegal Sari Kelurahan Air Jamban Kecamatan Mandau menjaga kebersihan lingkungan dengan mengiatkan kegiatan gotong royong patut diajungi jempol. Setelah membersihkan gorong-gorong tersumbat dan membuka akses jalan 840 x 4 meter dilingkungannya. Kini warga kembali melaksanakan kegiatan gotong royong di Jalan Flamengo RT 2 RW 10, Minggu pagi (02/12/18) sekira pukul 09.00 WIB.

Dimotori anggota DPRD Bengkalis Syaiful Ardi yang merupakan warga tempatan dan Ketua RW 20 Mukhlis, sekitar seratusan warga bahu membahu membersihkan badan jalan yang akan disemenisasi.

Seyogyanya badan jalan yang akan disemenisasi itu volumenya 3×100 meter. Namun atas usulan warga Jalan Flamengo yang menuju Mushala Nur Ikhlas itu di perlebar menjadi 4×100 meter. Untuk itu warga bergorong royong membentuk badan jalan hingga nanti proses semenisasi mudah dilaksanakan.

Tidak hanya membuka badan jalan 4×100 meter, warga juga mencabut tiang yang terpancang di badan jalan. Ada tiang pembatas lapangan voli ada pula tiang listrik yang belum dialiri. Mereka bahu membahu mencabut tiang dan menimbun badan jalan untuk memudahkan proses semenisasi.

Ternyata dalam pelaksanaan goro masih dibutuhkan gorong-gorong untuk menghubungkan jalan yang akan disemenisasi ke areal Mushala. Ada 14 gorong-gorong dengan diameter 60 cm untuk menghubungan jalan yang terputus itu. Anggota DPRD Syaiful Ardi pun turun tangan menyelesaikan masalah gorong-gorong yang di langsung di datangkan dengan dana swadaya.

“Alhamdulillah, warga kita mau turun tangan bergotong royong menyelesaikan jalan lingkungannya. Ini juga tak lepas dari dukungan dan partisipasi anggota dewan Syaiful yang rutin hadir di kegiatan goro warga. Mudah-mudahan dukungan dan silaturahmi beliau dan warga sini terus berlanjut,” ujar Mukhlis yang memuji kinerja anggota DPRD dari PAN ini.

Disampaikannya, sejak Syaiful Ardi duduk di DPRD Bengkalis puluhan proyek infrastruktur sudah dirasakan warga. Setidaknya ada sekitar 60 proyek jalan yang sudah dilaksanakan di kawasan padat pemukiman itu.

“Kinerja pak Syaiful memperjuangkan aspirasi masyarakat sini tak diragukan lagi. Ada 60 proyek jalan dan parit yang sudah dikerjakan di RW 20 ini. Dari jalan tanah kini menjadi semenisasi,” jelas Mukhlis lagi.

Sementara itu, ketika disampaikan ada lagi warga yang tengah goro di Jalan Tegal Sari 2 memperbaiki badan jalannya yang hancur, Syaiful di boncengi Ketua RW langsung menuju lokasi goro. Warga yang tengah goro pun menyampaikan keluh kesahnya.

Ternyata jalan itu pernah diusulkan perbaikan namun terkendala pagar warga hingga proyeknya di batalkan.
Syaiful pun menjelaskan bahwa perbaikan jalan itu sudah dianggarkan kembali di APBD Bengkalis 2019 dan meminta warga bersabar. Diakhir kunjungannya di goro itu, Syaiful pun tak lupa sedikit berbagi rezeki untuk makan dan minum warga yang goro. (susi)