BATHIN SOLAPAN, (Riaulantang) – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Hubbul Wathan Duri kembali mewisudakan 68 orang mahasiswa angkatan ke-20 tahun 2017.

Dari 68 orang Mahasiswa tersebut 47 orang dari jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), sedangkan 21 orang dari jurusan Tadris Bahasa Inggris (TBI).

Yang memiliki nilai tertinggi darI jurusan PAI atas nama Yundrita, S.Pd, IPK 3,63 kelahiran Tanah Putih, 15 Juni 1983, sedangkan dari jurusan TBI atas nama Debbi Alwiyah, S.Pd dengan nilai IPK 3,57, kelahiran Kerinci 7 November 1993.

Acara yang di pusatkan di Hotel Surya Duri, Sabtu (25/11/2017) pagi, dihadiri orang nomor satu di Negeri Junjungan Kabupaten Bengkalis, Amril Mukminin.

Selain Bupati, terliht hadir, Kordinator Kopertais Wilayah XII Riau yaifuddin, Ketua Umum Yayasan Pondok Pesantren Hubbul Wathan Riau, Buya Hamka Riau, Ketua STAI Hubbul Watan Duri, Mohd Rafi Riyawi.

Kemudian Kepala BPBD, Jaafar Arif, Plt Kepala Dinas Pendidikan, Edi Sakura, Plt Camat Mandau, Basuki Rachmad, Camat Talang Muandau, Toharuddin. 

Dalam arahannya, Bupati Amril berharap, persaingan dalam mengisi peluang kerja, saat ini semakin kompetitif,  oleh sebab itu, kepada lulusan wisuda ke-20 ini tidak berada pada zona aman dengan target utama untuk menjadi pencari kerja.

Kemudian imbuh Amril, lebih-lebih keinginan itu terfokus menjadi pegawai di pemerintahan. Sebab saat ini pemerintah masih memberlakukan moratorium penerimaan Aparatur Sipil Negara.

Begitu pula di perusahaan swasta dimana sebagian melakukan pengurangan tenaga kerja akibat melesuhnya ekonomi nasional dan dunia, sambung Amril yang juga mantan Kepala Desa Muara Basung Kecamatan Pinggir.

“Seluruh sarjana yang diwisuda hari ini, harus menghijrahkan pola pikir untuk menciptakan lapangan kerja, menjadi seorang wirausahawan. apalagi di era kemajuan teknologi informasi sekarang ini, peluang itu semakin terbuka lebar.” Papar Amril

Meskipun tidak secara spesifik diberikan selama perkuliahan di STAI Hubbul Wathan ini, penguasaan teknologi dan sistem informasi para lulusan yang diwisuda hari ini, juga sudah mempuni, ujar Amril.

Wirausahawan yang dimaksud bukan hanya dalam pengertian menghasilkan barang. tetapi bisa sebagai agen atau jasa pemasaran penjualan dari produk tersebut, seperti memasarkan produk-produk yang dihasilkan berbagai produsen di duri ini melalui internet, jelas Amril

“Bangun jaringan dengan para produsen. Kemudian melalui situs penjualan online yang kalian dikelola, produk-produk itu ditawarkan kepada konsumen. Peluang usaha demikian, bukan hanya milik lulusan perguruan tinggi tertentu, tetapi juga menjadi kesempatan bagi siapapun, termasuk lulusan STAI Hubbul Wathan.” Harap Amril.(susi)