BENGKALIS (Riaulantang) – Sempena menyukseskan helat Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-43 Tingkat Kabupaten Bengkalis di Sungai Selari Kecamatan Bukit Batu, Dinas Perhubungan melakukan pergeseran jadwal trip (keberangkatan) Roll Off Roll On (Ro-Ro) Air Putih-Sungai Selari.

“Seluruh perusahaan Ro-Ro menyatakan siap mendukung suksesnya perhelatan MTQ ke-43 Tingkat Kabupaten Bengkalis. Mereka sepakat untuk melakukan pergeseran jadwal keberangkatan,” ungkap Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan, Djoko Edy Imhar, Jumat 21 September 2018.

Penjadwalan keberangkatan itu ditetapkan mulai Jumat-Sabtu malam, 21 dan 22 September 2018. Adapun pergeseran jadwal keberangkatan itu, yakni pada trip pukul 21.45 WIB digeser menjadi 22.30 WIB. Kemudian untuk trip 23.15 WIB digeser menjadi 00.00 WIB.

Untuk jadwal pergeseran pada Jumat malam, untuk mengantisipasi para penumpang, terutama tamu atau utusan kafilah maupun undangan yang hendak pulang setelah menghadiri malam taaruf MTQ.

Sedangkan untuk jadwal pergeseran pada Sabtu malam, merupakan malam puncak pembukaan MTQ ke-43 Tingkat Kabupaten Bengkalis. Diprediksi, pada malam pembukaan tersebut, akan terjadi lonjakan penumpang dan antrian kendaraan utusan kafilah dan undangan maupun masyarakat yang hendak menyeberangan ke Pulau Bengkalis.

Dengan pergeseran jadwal keberangkatan ini, para tamu dan masyarakat dari pulau Bengkalis yang hendak menyaksikan pembukaan MTQ ke-43 Tingkat Kabupaten Bengkalis tidak perlu khawatir ketinggalan kapal.

Pengalaman tahun-tahun sebelumnya, setiap perhelatan MTQ di Kecamatan Bukit Batu baik level kabupaten dan kecamatan, sebelum penekanan tombol sirene, para tamu undangan terutama dari Pulau Bengkalis sudah meninggalkan lokasi. Mereka menuju pelabuhan Ro-Ro, karena khawatir ketinggalan kapal. Namun setelah pergeseran jadwal keberangkatan ini, tamu maupun masyarakat tidak perlu khawatir.

Sejauh ini, jumlah kapal penyeberangan Ro-Ro untuk melayani masyarakat yang ingin menyeberangan sebanyak 4 armada. Yakni, Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Swarna Putri, KMP Bahari Nusantara, KMP Mutiara Pertiwi II dan KMP Permata Lestari III. (dwi)