DURI (Riaulantang) – Kepengurusan Persatuan Angkat Berat, Binaraga, dan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABBSI) Kabupaten Bengkalis sudah berakhir pada bulan Desember tahun 2017 lalu. Namun sayang, pengurus masa bakti 2012-2017 itu tak kunjung melakukan Musyawarah Kabupaten (Muskab). Akhirnya PABBSI Provinsi Riau turun tangan menunjuk Plt PABBSI Bengkalis yang bertugas menghantarkan Muskab PABBSI Bengkalis ke III.

Penunjukkan Plt PABBSI itu tak sia-sia, Muskab yang ditunggu-tunggu segenap jajaran pengurus dan anggota PABBSI akhirnya bisa dilangsungkan di Duri, Senin (05/09/2018). Namun proses muskab tidak berjalan mulus sesuai harapan. Ada riak-riak kecil yang mewarnai jalannya Muscab disebabkan kecurigaan munculbya klub fiktif dari peserta Bengkalis.

Kecurigaan ini muncul, saat Sodikin perwakilan atlit dan Club dari Duri mempertanyakan keabsahan 12 club dari Bengkalis ini. Pihaknya minta 12 klub yang mempunyai hak pilih itu di ferifikasi ulang hingga suasana menjadi ricuh.

“Yang benar saja, Mandau saja hanya ada 6 klub. Masa Bengkalis sampai 12 club. Cek lagi ini. Jangan ada rekayasa di Muskab ini,” lantang Sodikin peraih medali perak Binaraga pada Perprop 2018 di Kabupaten Kampar lalu.

Interupsi ini membuat Muskab sedikit menjadi ricuh. Sidang akhirnya di skor untuk memferifikasi ulang club yang mempunyai hak suara. Akhirnya setelah proses yang cukup alot, Muscab menetapkan Dora Yondra sebagai ketua terpilih PABBSI Bengkalis periode 2018-2023.

“Adapun riak – riak yang meragukan keabsahan kegiatan Muskab III PABBSI Bengkalis yang diadakan hari ini jangan hiraukan. Saya mewaikili PABBSI Riau telah hadir membuka secara resmi acara MUSKAB ke III ini dan Muskab telah melalui mekanisme organisasi PABBSI,” jelas Ketua PABBSI Riau diwakili Sekjen Ikhsan Fitria.

Sementara itu Ketua terpilih Dora Yandra menyampaikan harapan agar seluruh elemen PABBSI baik club dan atlit serta pengurus PABBSI Bengkalis bisa dengan bersama membesarkan PABBSI.

“Kita berharap kedepannya untuk bisa bersama sama membangun PABBSI Bengkalis menjadi lebih baik,” ujar Dora seraya menyampaikan akan melibatkan keterwakilan club yang ada di Kabupaten Bengkalis dalam kepengurusan PABBSI Bengkalis periode 2018-2013 ini. (bambang)