DURI (Riaulantang)- Mengawali kegiatan safari Ramadhan pertamanya, Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, mengdatangi Desa Balai Pungut, tepatnya di masjid Nurul Iman, Kecamatan Pinggir.Senin (29/05/2017) malam. 

Menjelang berbuka puasa, rangkaian kegiatan religi ini dimulai dengan tausyiah keagamaan yang disampaikan oleh Ketua Baznas Bengkalis, H Ali Ambar. Usai buka puasa bersama, bersama istri Kasmarni, Amril melakukan shalat isya berjamaah, dilanjutkan shalat tarawih dan witir berjamaah. 

Selain ceramah agama yang disampaikan Ketua Majelis Ulama Indonesia H Amrizal, malam perdana safari Ramadhan ini juga turut diserahkan berbagai jenis santunan. Seperti santunan kepada anak yatim dan kaum dhuafa dari Koordinasi Kesejahteraan Sosial (K3S) dan Pemerintah Kabupaten melalui Bagian Kesra Sekretariat Daerah Bengkalis. Kemudian santunan dari Baznas Bengkalis dan bantuan program kemitraan dari Bank Riau Kepri, berupa sarana dan prasarana masjid sebesar Rp25 juta, yang diberikan kepada masjid Nurul Iman dan masjid Babul Hidayah Desa Tengganau. 

Dalam sambutannya, disampaikan Amril bahwa bulan Ramadhan merupakan bulan penuh barakah, bulan yang di dalamnya terkandung banyak keistimewaan, oleh karena itu berjumpa kembali dengan bulan Ramadhan, merupakan nikmat yang sangat agung sehingga kita perlu mensyukurinya. 

Oleh sebab itu, mantan Kepala Desa Muara Basung ini, mengajak seluruh jemaah yang hadir untuk senantiasa meningkatkan kuantitas dan kualitas amal ibadah, baik yang wajib ataupun sunah. Bukan saja secara vertikal kepada Allah, tetapi juga secara horizontal, lebih-lebih antar sesama umat Islam. 

“Mari kita makmurkan masjid dan mushalla dengan tarawih dan tadarus Al Qur’an. Mari kita berikan sedikit kelebihan rezeki yang kita miliki, baik itu melalui infaq dan sedekah ataupun zakat fitrah dan zakat harta, serta menyantuni anak yatim, kaum dhuafa dan fakir miskin,” ajaknya lagi. 

Selain Bupati Amril dan istri Kasmarni, safari Ramadhan perdana ini juga dihadiri Kapolres Bengkalis, AKBP Abas Basuni, anggota DPRD Bengkalis Hendrik Hasibuan, Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah H Arianto, dan sejumlah Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah Bengkalis.(erwin)