MANDAU (Riaulantang) – Ratusan anak yatim dan kaum dhuafa di Kelurahan Babussalam, Kecamatan Mandau mendapatkan santunan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis.
Santunan tersebut diserahkan bersempena Safari Ramadhan Pemkab Bengkalis di Masjid As-Salam, Minggu 19 Mei 2019.

“Sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT, mari kita sisihkan sebagian rezeki untuk menyantuni anak yatim dan kaun dhuafa, berinfaq dan bersedekah. Kemudian, jangan lupa membayar zakat, karena sebagian hasil yang kita dapatkan, ada hak orang lain di dalamnya”, ajak Asisten Perekonomian dan Pembangunan, H Heri Indra Putra.

Secara rinci, bantuan diberikan oleh Bagian Kesra dan Dinas Sosial. Penerima bantuan dari Bagian Kesra untuk anak yatim sebanyak 15 orang dan kaum dhuafa, sebanyak 20 orang.

Sedangkan dari Dinas Sosial, bantuan dari program Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) itu berupa penyerahan sertifikat akreditasi “B” untuk Panti Asuhan IKHD-Duri dari Kementerian Sosial RI.

Lalu, santunan untuk anak yatim sebanyak 65 orang dan kaum dhuafa sebanyak 45 orang. Masing-masing menerima paket sembako berupa, beras 10 kg, minyak goreng 5 liter, gula pasir 2 kg, susu 2 kaleng, teh 1 kotak dan sirup 1 botol.

Masih dari Dinas Sosial, turut diserahkan kebutuhan pokok bagi lanjut usia (bedridden). Kategori pertama penerimanya sebanyak 14 orang. Paket yang diberikan berupa beras 20 kg, minyak goreng 8 liter, susu 8 kaleng, gula 4 kg, kacang hijau 2 kg, roti 4 kaleng dan milo 4 bungkus.

Sedangkan bedridden kategori kedua, simbolis diterima oleh Yusna, Sumiarti dan Marlian. Paket yang diberikan adalah beras 20 kg, minyak goreng 8 liter, susu 8 kaleng, gula 4 kg, biskuit 4 bungkus dan teh 4 kotak.

Tidak itu, saja Pemkab Bengkalis juga menyerahkan bantuan kepada pengurus masjid As-Salam berupa Al-Qur’an sebanyak 50 buah dan papan informasi masjid. Bank Riau Kepri juga turut memberikan bantuan program kemitraan sebesar Rp30 juta.(susi)