DURI (Riaulantang) – Terkait dirusaknya rumah  Paidin (28) warga Belading,  desa Petani, Kecamatan Batin Solapan, Sabtu, (09/12/2017,) dini hari, oleh 2 ekor Gajah, kepala desa Petani, Rasikun, mengimbau agar warga selalu waspada.

“Kita harap warga waspada dan menjaga jarak dengan Gajah. Untuk berhati hati,  jangan bertindak ceroboh dan mengganggu Gajah, karena gajah termasuk hewan yang dilindungi,”ungkap kades, pada Riaulantang.com.

Dikatakannya, sudah lama gajah tidak mengganggu, di wilayahnya. Namun kali ini gajah masuk kawasan pemukiman dan merusak rumah warga. Pihaknya pun akan berupaya membantu warga yang rumahnya rusak dan melakukan koordinasi dengan pihak terkait.

“Hari Senin kita akan koordinasi dengan dinas Sosial, terkait dirusaknya rumah warga oleh 2 ekor Gajah. Mudah-mudahan bisa dapat bantuan untuk memperbaiki rumah warga tersebut. Untuk dana Desa baru bisa kita buat pos anggaran untuk tahun depan,”tuturnya.

Konflik Gajah dan masyarakat sudah sering terjadi, dikarenakan sdah semakin sedikit ruang gerak gajah serta tidak ada lagi pasokan tanaman yang bisa dimakannya. (bambang)