DURI (Riaulantang)- Proyek APBD Bengkalis 2017 yang berada dalam lingkungan kelurahan Air Jamban Kecamatan Mandau sudah banyak yang dikerjakan, bahkan sudah pula ada yang rampung. Namun sayang proyek yang menghabiskan milyaran bahkan  puluhan milyar dana APBD  Bengkalis dikelurahan terbesar di Bengkalis itu abaikan peran lurah selaku kepala kelurahan. Sejauh ini lurah mengaku tak ada rekanan yang melapor pengerjaan proyeknya, kecuali hanya satu rekanan saja.

“Saya dapat informasi dari masyarakat bahwa banyak proyek yang sudah dikerjakan bahkan sudah rampung di sini ( Air Jamban-red). Alhamdulillah banyak proyek disini. Tapi sayang tak ada rekanan yang lapor. Kecuali rekanan yang mengerjakan drainase Jalan Tegal Sari ujung,” jelas Lurah Air Jamban, Ruslan, Kamis ( 26/10/17).

Dijelaskan Ruslan, proyek yang dilaporkan warga yang sudah dikerjakan namun rekanannya tak lapor diantaranya proyek semenisasi Jalan Karang Anyer 2, proyek peningkatan drainase Jalan Anggur Merah dan sekitarnya, Hotmik Jalan Zainal Abidin dekat Pujasera Duri dan terakhir proyek hotmik Jalan Karet Duri.

“Barusan saja juga diberitahu warga bahwa hari ini ada pengerjaan hotmik di Jalan Karet Duri. Cuma karena rekanannya tak lapor kita tak tahu berapa volume jalan yang dihotmik. Padahal warga ini bertanya apakah  hotmiknya sampai ke SMAS Darma Bakti seperti yang diharapkan banyak pihak. Hanya saja kita tak bisa beri penjelasan karena memang kita tak pernah di beri tahu rekanan. Siapa rekanannya pun saya tak tahu,” sesal Ruslan.

Sementara itu untuk proyek peningkatan drainase Jalan Anggur Merah dan sekitarnya yang menelan dana Rp 2, 321 milyar, Ruslan mengaku juga tak tahu siapa rekanannya. Tahunya proyek disitu sudah dikerjakan. Berapa panjang dan lebar drainase itu tak bisa di jawabnya karena diplang proyek hanya tercantum volume 1 unit.

“Itu yang sangat kita sayangkan. Rekanan tak ada yang laporkan. Jika kita tahu keberadaan proyeknya kita bisa lakukan monitoring agar tidak terjadi kecurangan yang dampaknya menimbulkan kerugian negara,” jelas Ruslan sembari bertekad akan meninjau proyek- proyek yang tak dilaporkan itu. (bambang)