Camat Mandau, Riki Rihardi didampingi Lurah Pematang Pudu, Fitriani menyerahkan bantuan sembako untuk warganya

DURI (Riaulantang)- Memperingati tahun baru Islam 1440 H, Camat Mandau, Riki Rihardi, S.STP, Msi, Senin siang hingga sore ini (10/09/2018) bersilaturahmi dengan warganya yang ada di kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau.

Silaturrahmi kali ini bukan silaturrahmi biasa tapi sekaligus diisi dengan tausiah dan penyerahan bantuan untuk anak yatim, kaum dhuafa dan rumah ibadah.
Dipusatkan di Masjid Babussalam yang ada di komplek Sakai Pematang Pudu, silaturrahmi dan penyerahan bantuan itu berlangsung akrab dan penuh dengan suasana kekeluargaan. Maklum penerima bantuan rata-rata adalah masyarakat sakai yang berada di lingkungan itu dan sudah kenal baik dengan sosok Camat Mandau. Apalagi ada satu dua penerima bantuan yang sudah mengenal Camat dari kecil.

“Kami senang dan bahagia, bantuan kali ini diantar langsung ke kediaman kami. Biasanya dijemput ke kantor lurah,” ujar salah seorang warga yang mendapat bantuan sembako.

Menanggapi hal ini, Camat Mandau, Riki Rihardi menjelaskan bahwa bantuan untuk anak yatim, dhuafa dan rumah ibadah itu merupakan bentuk komitmen dan perhatian Pemkab Bengkalis untuk warganya. Memang belum semua warga yang terakomodir namun diharapkan bantuan itu bisa sedikit mengurangi beban ekonomi warga.

“Dari jumlah mungkin masih kurang dan masih ada yang belum kebagian. Tapi mohon bersabar dan istiqamah. Mudah-mudahan ada rezeki dari yang lain,” ujar Riki.

Di kesempatan itu, Riki juga menyampaikan agar bantuan yang di berikan pemerintah bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya sesuai pengunaannya. Seperti halnya Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk 20 KK di Pematang Pudu yang sudah mulai dilaksanakan dan diharapkan bisa berjalan sesuai harapan.

“Manfaatkan bantuan yang ada dan jangan di salahgunakan. Seperti bantuan BSPS, tolong ini di pertanggung jawabkan dan kalau bisa di tingkatkan dengan swadaya hingga tahun depan kita bisa dapat lagi. Ingat masih banyak yang berharap dapat bantuan stimulan untuk rehab rumahnya,”pesan Riki ke warganya.

Sementara itu, Lurah Pematang Pudu, Fitriani Ekaputri menyampaikan bantuan yang bersumber dari dana APBD Bengkalis itu disalurkab untuk 100 anak yatim dan 100 dhuafa serta bantuan material rumah ibadah. Untuk rumah ibadah di berikan kepada masjid Babussalam dan surau Babussalam yang masing-masing menerima material 33 sak semen, 4 kubik pasir dan 2.800 batu bata.

Sementara bantuan dhuafa berupa paket sembako diantaranya 10 kg beras, 2 liter minyak goreng, 1,5 kg gula pasir, 1,5 kg tepung, 1kg mentega dan 1 botol sirup.

“Memang kalau dilihat dari jumlah penerima masih sangat kurang karena di sini (Pematang Pudu-red) jumlah masyatakat tak mampunya mencapai 864. Mudah-mudahan kedepan bantuan ini bisa lebih banyak sesuai dengan jumlah penduduk di sini yang merupakab kelurahan terbesar kedua setelah Air Jamban,” jelas Fitri.

Kendati demikian, Fitri bersyukur penyerahan bantuan yang bersumber dari penyedia sarana dan pelayanan kedinasan kelurahan Pematang Pudu ini bisa langsung di hadiri Camat Mandau. Dengan kegiatan inj mereka bisa sama hadir di masjid Babussalam untuk kegiatan penyerahan bantuan sekaligus tausiah tahun baru islam yang ditutup dengan sholat ashar berjamaah. (susi)