BENGKALIS (Riaulantang) – Diisi dengan penampilan pasukan Bhineka Tunggal Ika, pelaksanaan Upacara Bendera, Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018, tingkat Kabupaten Bengkalis berlangsung khidmat, di Lapangan Tugu, Bengkalis, 29 Oktober 2018.

Bupati Bengkalis Amril Mukminin, diwakili Sekretaris Daerah Bengkalis, H Bustami HY, yang menjadi inspektur mengharapkan agar generasi muda yang menjadi penerus bangsa dapat melakukan hal-hal positif dan meningalkan perkara-perkara negatif yang saat ini dinilai semakin marak.

“Hari sumpah pemuda ke-90 kali ini mengambil tema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”. Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik INdonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Bustami membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi.

Bustami melanjutkan, pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing.

“Namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari hoax, hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabil kaum muda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara,” sebutnya.

Turut hadir, Kapolres
Bengkalis, diwakili Waka Polres, Kompol Ade Zamrah, Pimpinan DPRD Bengkalis, diwakili Zamzami, Ketua KNPI Bengkalis, Irmi Syakip Arsalan, sejumlah perwakilan forkopimda lainnya, sejumlah kepada OPD dan tamu undangan lainnya.(dwi)