DURI (Riaulantang) – Sebagai salah satu Rumah Sakit yang dikelola oleh Pemerintah Daerah, pelayanan kepada masyarakat harus menjadi sebuah prioritas, baik pada jam kerja pagi hari, siang hari, maupun hingga sore hari.

Namun untuk memberikan pelayanan optimal ke masyarakat, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kecamatan Mandau, akan membuka pelayanan poliklinik spesialis sore hari. Pelayanan ini mulai diberlakukan sejak 8 April 2019. Dengan jadwal layanan mulai pukul 16.00 WIb hingga pukul 20.00 WIB dan pendaftaran pukul 07.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Plt Direktur RSUD Mandau drg. Sri Sadono Mulyanto menjelaskan pertimbangan dibukanya poliklinik sore tersebut karena kunjungan pasien poliklinik spesialis yang overload pada pagi hari, sehingga pasien tidak terlayani maksimal. Untuk itu poliklinik sore solusi melayani pasien overload ini.

“Sebagai contoh, jumlah kunjungan poliklinik spesialis anak pagi hari berjumlah 60 pasien, bahkan lebih. Bila tetap dilayani pada pagi hari, kualitas pelayanan tentu tidak optimal, mengingat keterbatasan waktu dalam pemeriksaan. Dengan dibuka poli sore hari, jumlah kunjungan pagi akan disesuaikan dengan waktu pelayanan , sehingga kualitas pelayanan lebih optimal,” ujarnya.

Dikatakan Sri Sadono, pelayanan ini juga memberikan kesempatan bagi pasiem yang tidak dapat mengakses pelayanan poliklinik spesialis pagi hari. Misalnya tidak dapat ke rumah sakit karena anak sekolah pagi, ada suami kerja pagi, ataupun ada kegiatan pagi lainnya.

“Selanjutnya, inisiatif ini juga mampu mengoptimalkan penggunaan sarana prasarana rumah sakit fasilitas yang ada, seperti peralatan radiologi, laboratorium, sarana fisioterapi dan sarana lainnya tidak optimal dipergunakan pada sore hari. Padahal sangat dibutuhkan masyarakat,” ucap Sri Sadono yang akrab dipanggil Ibeng.

Untuk sementara ini jelasnya, yang dilayani hanya pelayanan spesialis jantung, saraf, anak,bedah, penyakit dalam, paru, radiologi, dan patologi klinik.

Melihat gagasan tersebut, Bupati Bengkalis melalui Kepala Bagian Humas Muhammad Fadhli mengucapkan terimakasih dan apresiasi terhadap Rumah Sakit Umum Daerah Kecamatan Mandau.

Menurutnya, apa yang dilakukan oleh rumah sakit itu merupakan terobosan untuk memberikan pelayanan maksimal untuk masyarakat Kecamatan Mandau. “Kami berharap hal seperti ini mampu menjadi motivasi dan inovasi bagi instansi di Bengkalis untuk melakukan hal yang sama, yakni memberikan pelayanan terbaik dan maksimal untuk masyarakat,” tuturnya.(susi)