BENGKALIS (Riaulantang)– Kecamatan Mandau berhasil meraih juara I lomba koordinasi kota sehat/Adipura tingkat kecamatatan se-Kabupaten Bengkalis yang ditaja dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia tahun 2017.

Penghargaan sebagai pemenang pertama lomba kota sehat tersebut diterima langsung Camat Mandau Djoko Edy Imhar dari Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Jum’at (18/8/2017), di Balai Kerapatan Sri Mahkota, Bengkalis.

Penghargaan itu diserahkan Bupati Amril pada acara ramah tamah yang ditaja Pemerintah Kabupaten Bengkalis sempena Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Atas keberhasilan tersebut, selain piala dan piagam, Mandau melalui Camat Djoko juga mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp10 juta.

Sementara untuk juara II lomba kota sehat tingkat kecamatan tahun 2017 ini diraih Bantan dan juara III Bukit Batu.

Baca Juga:  Bupati Bengkalis Tinjau TPA Muara Basung

Pada tahun 2016 lalu lomba kota sehat ini dimenangkan Siak Kecil sebagai juara I. Sedangkan juara II dan III dimenangkan Bantan dan Rupat.

Artinya, dari 3 kecamatan yang keluar sebagai juara di tahun 2016, hanya Bantan yng berhasil mempertahankan prestasinya dengan tetap menjadi juara II. Sedangkan Siak Kecil dan Rupat, gagal meraih sukses serupa di tahun 2017 ini.

Selain di lomba kota sehat, Mandau juga berhasil menjadi pemenang untuk lomba Evaluasi Kinerja Kecamatan. Namun hanya sebagai terbaik III. Sementara terbaik I dan II diraih Rupat dan Bukit Batu.

Baca Juga:  DPRD Bengkalis Bahas Marathon RAPBD 2018

Salah satu lomba yang sama sekali boleh dikatakan “gagal total” mengharumkan nama Mandau, adalah lomba kelurahan. Padahal secara kuantitatif peluang kecamatan ini meraih penghargaan sangat besar sekali.

Pasalnya, dari 19 kecamatan di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini, 9 kelurahan atau 47,37 persen diantaranya ada di Mandau.

Ke-9 kelurahan dimaksud adalah Air Jamban, Babussalam, Batang Serosa, Balai Makam, Pematang Pudu, Duri Barat, Duri Timur, Gajah Sakti dan Talang Mandi.

Untuk lomba kelurahan ini, Sungai Pakning menjadi “Johan” (terbaik I), sedangkan sedangan runner up dan tempat ketiga diraih Bengkalis Kota (Bengkalis) dan Balai Raja (Pinggir).(rls)