DURI (Riaulantang)- Bupati Bengkalis diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan H. Heri Indra Putra melepas 203 orang Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kecamatan Mandau, Pinggir, Bathin Solapan dan Talang Mandau yang tergabung dengan kelompok terbang (kloter) 10, Selasa (11/07/2019), di Gedung Bathin Bertuah Kantor Camat Mandau.

Dalam arahan Bupati yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan H. Heri Indra Putra mengatakan, haji adalah ibadah yang sangat monumental dalam kehidupan seorang muslim. Sebab tidak semua muslim bisa melaksanakannya. Sebagai ibadah yang paripurna, haji melibatkan semua aspek, mulai dari materi, fisik maupun psikis.

“Berapa banyak orang yang dari segi fisik mampu tapi materi tidak cukup, atau punya harta yang cukup tapi fisik tak mendukung. Bahkan, ada orang yang memiliki kemampuan finansial dan fisik tapi kemauan belum ada, juga tidak bisa melaksanakan ibadah haji”, kata Heri.

Lebih lanjut Heri menjelaskan bahwa keberhasilan penyelenggaraan ibadah haji ini tentu saja tidak semata-mata tanggungjawab pemerintah pusat, provinsi dan daerah, melainkan juga pada kesadaran para JCH semuanya.

“Untuk itu, kepada JCH haji sekalian untuk selalu menjaga kekompakan sesama anggota jamaah haji, mengendalikan emosi diri dengan menghindari perbuatan yang negatif yang bisa mengurangi pahala ibadah haji,” ujarnya.

Bupati juga menghimbau JCH untuk mengikuti arahan dari panitia penyelenggara dan petugas-petugas yang telah ditunjuk.

“Patuhi arahan ketua regu ataupun ketua rombongan, tidak keluar atau bepergian seorang diri. Laporkan kepada ketua regu atau ketua rombongan, jaga stamina dan kesehatan dengan baik untuk menuju puncak ibadah haji di arafah, mengamalkan semua ilmu dan pengetahuan yang telah diterima selama proses bimbingan manasik haji dengan baik sehingga dapat membantu mewujudkan cita-cita mencapai haji/hajjah yang mabrur”,ujarnya.

Disisi lain Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) yang diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Kemenag Kabupaten Bengkalis H. Carles menjelaskan pada tahun ini JCH Kabupaten Bengkalis yakni kloter 10 dan 20, semua transportasi baik dari bus, roro Bengkalis – Pakning, snack dan makan siang telah dianggarkan pada APBD dan tertuang ke dalam Peraturan Daerah (Perda) Bengkalis.

Diakhir acara dilanjutkan dengan tepuk tepung tawar diawali oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Heri Indra Putra, dilanjutkan Sekcam Mandau Muhammad Rusydy, Plt. Kemenag Bengkalis H Charles dan disusul para tamu undangan lainnya.

Hadir pada kegiatan tersebut Sekcam Mandau Muhammad Rusydy, Camat Pinggir Toharudin, Camat Talang Muandau diwakili Kasi Trantib Chairul, Danramil Mandau Serma Amiruddin, Kapolsek Mandau Kompol Arifin Hariyadi, Pimpinan Seksi Pembiayaan dan Kredit Bank Riau Kepri Syariah Mandau Diltana, Ketua LAMR Kecamatan Mandau Zulfikar Indra, KUA Kecamatan Mandau Mahzum, KUA Pinggir Samsir, serta JCH Kecamatan Mandau, Pinggir, Bathin Solapan dan Talang Muandau.(susi)